Menyeimbangkan Fungsi Otak Melalui Teknik Kreasi Lagu dalam Pencapaian Pemahaman Matematis Siswa SMP

Authors

  • Ramlah Ramlah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanifah Hanifah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.923

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika sekolah adalah menguasai kemampuan pemahaman matematis.Tetapi, faktanya kemampuan pemahaman matematis siswa masih tergolong rendah.Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah keefektifan TKL dengan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan  terhadap pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa. Serta tingkat kepuasaan siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan TKL. Penelitian dengan pendekatan perbedaan ganda, desain grup non-ekivalen kepercobaan-kuasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N kelas VII di Kecamatan Karawang Barat, dengan sampel sebanyak 30 siswa untuk masing-masing grup ( pembelajaran TKL) dan kelompok kontrol (pembelajaran langsung). Teknik analisis data menggunakan SPSS Versi 17. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan Pemahaman Matematis siswa yang memperoleh TKL dengan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Dan respon yang sangat baik  tehadap pembelajaran TKL. Jadi dapat disimpulkan bahwa Teknik kreasi lagu dengan menyeimbangkan fungsi oatak, efektif dalam pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, A.F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Superitem Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Ma’arif Nu 1 Ajibarang. [Online]. Tersedia: http://www.repository.ump.ac.id. Diakses tanggal 30 Oktober 2017.

Chan. (2009). Pengaruh Musik Dalam Pembelajaran. [Online]. Tersedia : https://chan97best.wordpress.com/2009/09/Pengaruh-musik-dalam-pembelajaran/. Diakses tanggal 27 Januari 2017.

Devi W.S, dkk. (2011). Efektivitas Musik Dalam Menurunkan Kecemasan Matematik Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Humanitas, 8(2), 130-142.

Eman, S., & Kusumah, Y.S. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah.

Eman, S. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI.

Fraenkel, J., & Wallen, N. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. (2nd ed). Newyork: McGraw-Hill Inc.

Hendra, G. (2013). Matematika Musik dan Kecerdasan. [Online]. Tersedia: http://www.bincangedukasi.com/matematika-musik-dan-kecerdasan/. Diakses tanggal 27 Januari 2016

Khandker, S.R., dkk. (2010). Handbook on Impact Evaluation, Quantitative Methods and Practices. The International Bank for Reconstruction and Development/The World Bank.

Permendiknas. (2006). Standar Isi. [Online]. Tersedia: http://www.sdm.data.kemdikbud.go.id. Diakses 27 Januari 2017.

Published

2018-01-01

How to Cite

Ramlah, R., & Hanifah, H. (2018). Menyeimbangkan Fungsi Otak Melalui Teknik Kreasi Lagu dalam Pencapaian Pemahaman Matematis Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 17–25. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.923