Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Berupa Modul Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks Di Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Authors

  • Ana Setiani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asti Putri Kartiwi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Heni Wulandari Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.924

Abstract

Makalah ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang diaplikasikan dalam 3 tahapan penelitian, yaitu tahap pendahuluan, uji coba kelompok kecil, dan terakhir uji lapangan. Tahap pendahuluan diantaranya meliputi analisis bahan ajar melalui studi literatur; merancang dan mengembangkan bahan ajar kompilasi; melakukan validasi bahan ajar oleh 2 orang ahli; dan melakukan revisi ke-1. Tahap uji coba kelompok kecil meliputi uji terbatas terhadap 10 mahasiswa yang dipilih secara acak sebagai sampel menguji produk dan melakukan revisi ke-2. Metode yang digunakan pada tahap Kedua adalah eksperimen  single one shot case study. Tahap uji lapangan meliputi pengunaan bahan produk yang dilakukan terhadap 30 mahasiswa peserta mata kuliah aljabar matriks tahun akademik 2016/2017. Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Uji lapangan ini menggunakan pengembangan prototipe. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar validasi, pedoman wawancara, lembar penilaian kinerja bahan ajar, dan tes uraian. Hasil validasi 2 orang ahli menujukna bahwa modul kompilasi aljabar matriks berada pada kategori jelas dan aspek untuk kevalidan modul termasuk kategori valid. RPS, pedoman wawancara, lembar observasi aktivitas mahasiswa termasuk pada kategori valid, keberhasilan aktivitas belajar mahasiswa masuk pada kategori berhasil, kepraktisan perangkat bahan ajar kompilasi jika dilihat dari aspek kepraktisan termasuk pada kategori praktis, efektivitas, ketertarikan mahaiswa terhadap bahan ajar kompilasi, dan hasil belajar mahasiswa, lebih baik daripada efektivitas pembelajaran sebelum menggunakan bahan ajar kompilasi. Oleh karena itu, bahan ajar kompilasi yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandra, R. (2010). Pengembangan Modul Pemrograman Pascal untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI SUMBAR. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana UNP.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA) DIKTI. (2013). Deskripsi Umum dan Learning Outcome 12 PRODI LPTK. [Online]. Tersedia: http://lppm.iainbanten.ac.id/po-content/po-upload/LAMPIRAN-3%20 Deskripsi%20dan%20Learning%20Outcome%2012%20PRODI%20LPTK.pdf.

Trisnaningsih. (2007). Pengembangan bahan Ajar untuk Meningkatkan Pemhahaman Materi Mata Kuliah Demografi Teknik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4(2), 1-13.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2018-01-01

How to Cite

Setiani, A., Kartiwi, A. P., & Wulandari, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Berupa Modul Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks Di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 26–31. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.924