Pengembangan Metode Problem Based Learning Melalui Permainan Engklek Untuk Meningkatkan Thinking Math Peserta Didik Ma Global School

Authors

  • Asep Sahrudin Universitas Mathla'ul Anwar
  • Trisnawati Trisnawati Universitas Mathla'ul Anwar

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.999

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana menyelesaikan permasalahan matematika dengan baik berdasarkan analisis yang dibutuhkan, oleh karena itu dibutuhkan sebuah metode pembelajaran terbarukan salah satunya adalah metode pembelajaran problem based learning. Tetapi tidak cukup hanya dengan metode itu saja melainkan metode tersebut harus dikembangkan melalui Permainan Engklek sebagai kearifan lokal daerah pandeglang agar pembelajaran yang dilaksanakan benar-benar dapat mengajak peserta didik secara aktif mampu berfikir kritis, kreatif dan dapat menyelesaikan permasalahannya secara matematis dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  proses  implementasi  metode  problem  based  learning untuk meningkatkan kemampuan thinking math yang disertai perangkat pembelajaran Silabus, RPP dan Media pembelajaran yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran dan mengujicobakan metode yang telah dikembangkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan thinking math peserta didik Mathla’ul Anwar Global School.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J.W. (2010). Research Design Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J.W., dan Plano Clark, V.L. (2011). Designing and Conducting Mixed Methods Research. SAGE Publications inc: America.

Cruickshank, D.R., et al. (2006). The Act of Teaching. Boston: Mc. Graw Hill.

Dananjaya, U. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Kamdi, W dkk. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Negeri Malang.

Kantowski, M.G. (1981). “Problem Solving”. Mathematics Education Research: Implications for the 80’s. Virginia: NCTM.

Sabandar, J. (2006). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di Sekolah Dasar di Bandung. Laporan Penelitian, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Bandung: UPI.

Wahyudin (2003). Peranan Problem Solving. Proceeding National Seminar on Science and Mathematics Education, the Role of IT/ICT in Supporting the Implementation of Competency-Based Curriculum. Bandung: JICA-IMSTEP.

Zakaria, E., et al. (2007). Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: Utusan.

Published

2018-01-01

How to Cite

Sahrudin, A., & Trisnawati, T. (2018). Pengembangan Metode Problem Based Learning Melalui Permainan Engklek Untuk Meningkatkan Thinking Math Peserta Didik Ma Global School. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 32–43. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.999