PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM) DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.35706/jfms.v3i2.10805Abstrak
Word of Mouth dikenal juga dengan sebutan “pemasaran dari mulut ke mulut” atau komunikasi dari mulut ke mulut
merupakan komunikasi verbal antara satu orang dengan orang lain yang dapat dilakukan secara tatap muka maupun
melalui media elektronik. Kelengkapan produk merupakan konsep penting dalam manajemen rantai pasokan dan
pemasaran. Kelengkapan produk merujuk pada semua elemen atau fitur yang disertakan dalam produk atau layanan
untuk memenuhi kebutuhan, ekspektasi, dan kepuasan pelanggan. Dan keputusan pembelian konsumen dipengaruhi
oleh berbagai faktor, antara lain faktor pribadi, ekonomi, fungsional, budaya, dan psikologis. Faktor-faktor tersebut
dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen, yang meliputi mengenali suatu kebutuhan, mencari
informasi, mengevaluasi alternatif, mengambil keputusan pembelian, dan mengevaluasi pengalaman pasca
pembelian.