The Role of the Majelis Ta'lim Nurul Iman in Fostering the Personality of the Muslim Fostered Citizens of the Karawang Class IIA Penitentiary

Penulis

  • Siti Karneni Pendidikan Luar Sekolah. Universitas singaperbangsa karawang
  • Safuri Musa Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/joce.v1i1.3858

Abstrak

There are still many inmates / prisoners in Class IIA Penitentiary in Karawang who are less aware of religion, so they commit a crime, even though religion is the starting point for those who want to change their personality, those who understand religion will not commit crime / crime. Therefore, efforts are needed to educate or provide guidance to enable them to be aware of their religion in order to return them to the right path or to be willing. Through the Ta'lim Assembly, the existence of the Ta'lim Assembly is expected to be able to shape the personality and mentality of prisoners who are deemed not good in the eyes of society to change towards a better and in accordance with applicable norms and laws so that they can be re-accepted by the community.

Keywords: Role of the Ta'lim Assembly, fostering Muslim personality.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Safuri Musa, Universitas Singaperbangsa Karawang

 

 

Referensi

Daftar rujukan yang berasal dari Jurnal :

Prabowo, Alan. (2018). Pembinaan Keagamaan Bagi Narapidana. skripsi.

Jannah, A. W. (2015). Peranan Majelis Ta'lim Nurul Huda Terhadap Pembentukan Kepribadian Masyarakat Di Kedinding Tarik Sidoarjo. Skripsi.

Ningtyas, E. (2013). “Pelaksanaan Program Pembinaan Narapidana Pada Lembaga Pemasyarakatan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Malang).” Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya 1(6): 1266–75.

Qur'an. Surah Al- Ikhlas ayat 1-4.

Qur'an. Surah Ali 'Imran ayat 3.

Qur'an. Surah Al-Qamar ayat 49.

Qur'an. Surah Annisa ayat 136.

Qur'an. Surah Al- An'am ayat 162 .

Qur'an. Surah Fatir ayat 1.

Musa, S. (2005). Evaluasi program Pembelajaram dan Pemberdayaan Masyarakat. Bandung. Y-Pin Indonesia.

Musa, S. (2005). Seni dan teknik fasilitasi Pendidikan orang dewasa. Bandung. Y-PIN Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 12 Tahun 1995. Tentang Pemasyarakatan.

UUD RI No. 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1 Tentang Pendidikan.

Daftar rujukan yang berasal dari Buku :

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Dan R&D. 23rd ed. ALFABETA, cv.

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sujarweni, v. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian. PUSTAKABARUPRESS.

Winarti, D. E. (2012). Pengembangan Kepribadian. LENTERA ILMU CENDIKIA.

Mathis. (2002). Pembinaan dalam pembentukan perilaku. Jakarta: Gaung Persada

Toto Suharto. (2012). Pendidikan Berbasis Masyarakat. LKis.

Zubaedi, D. (2012). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rienka Cipta.

Arief, Barda Nawawi.(2002). Bunga Rampai Kebijakan Hukum Pidana. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mushin MK.(2009) . Manajemen Majelis Ta'lim. Jakarta: Pustaka Intermasa.

Daftar rujukan yang berasal dari Situs Blog :

Cheche,Wardah. (2014) . Lembaga Pemasyarakatan. blogspot.com. http://wardahcheche.blogspot.com/2014/11/lembaga-pemasyarakatan.html (November 30, 2019).

Humaniora. (2019). Pembinaan Narapidana. kompasiana.com. https://event.kompasiana.com/kompasiana/5dd81756097f362a847fe142/halo-para-generasi-kreatif-yuk-share-rencana-hidup-berkah-sedini-mungkin (November 30, 2019).

Kurniawan, A. (2020). pengertian kepriibadian- konsep, ciri, faktor, fungsi,pengembanan, psikolgi, parah ahli. Diambil kembali dari https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-kepribaadian/

dosenpendidikan. (2019) . pengertian kepribadian menurut para ahli: https:/www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-kepribadian-menurut-para-ahli/

anonim. ()2017 . Diambil kembali dari 10 ciri kepribadian muslim: https://www.annasindonesia.com/read/808-10-ciri-pribadi-muslim

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-03-02

Cara Mengutip

Karneni, S., & Musa, S. (2020). The Role of the Majelis Ta’lim Nurul Iman in Fostering the Personality of the Muslim Fostered Citizens of the Karawang Class IIA Penitentiary. JoCE (Journal of Community Education), 1(1), 7–17. https://doi.org/10.35706/joce.v1i1.3858

Terbitan

Bagian

Artikel