MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK DENGAN METODE GERAK DAN LAGU DI PAUD MATAHARI
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses, hasil, faktor penghambat dan pendukung mengembangkan motorik kasar dengan metode gerak dan lagu. Konsep Edy Subroto (2017:7) “kemampuan motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot - otot besar atau sebagian besar otot yang ada dalam tubuh maupun seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan diri”. Metode pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data wawancara dan studi dokumentasi, subyek penelitian 1 orang pengelola, 2 orang pendidik, dan 1 orang tua peserta didik. Hasil penelitian mengembangkan motorik kasar dilakukan setiap hari dengan maksimal, kemampuan afektif, kognitif, psikomotorik peserta didik berkembang, pemberian motivasi dilakukan oleh orang tua dan pendidik, sarana, prasarana memadai. Pembahasan penelitian motorik kasar digunakan untuk kegiatan bermain, pembelajaran, kemampuan motorik kasar anak berkembang, pentingnya memberikan motivasi, pujian dari pendidik dan orang tua, rasa percaya diri peserta didik mengalami peningkatan, pendidik melakukan tugas sesuai dengan peran pendidik, sarana dan prasarana sesuai standar PAUD. Kesimpulan dengan metode gerak dan lagu dapat membantu perkembangan motorik kasar peserta didik. Saran agar pendidik PAUD Matahari selalu memberikan pujian pada peserta didik agar lebih semangat, lembaga memberikan fasilitas yang lebih mendukung dalam proses mengembangkan motorik kasar peserta didik.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 JoCE (Journal of Community Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.