Pengelolaan Barang Alat Tulis Kantor Di Rumah Sakit Bhayangkara Tk. II Sartika Asih Bandung
Overview of Receipt, Storage, and Disbursement of Goods (Office Stationery) at Bhayangkara Tk. II Sartika Asih Bandung
DOI:
https://doi.org/10.35706/johar.v1i01.10943Abstrak
Alat Tulis Kantor (ATK) merupakan salah satu sarana penunjang yang mempunyai peranan vital dalam berfungsinya administrasi suatu perusahaan. Bagian Alat Tulis Kantor (ATK) merupakan salah satu faktor penting dalam kebutuhan kerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan tata cara penerimaan, penyimpanan, dan pengeluaran alat tulis di Rumah Sakit Bhayangkara Tk. II Sartika Asih (RSBSA). Pelaksanaan proses penerimaan barang di gudang RSBSA ATK telah melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan barang diterima sesuai dengan yang diserahkan. Sebagian besar pelaksanaan proses penyimpanan barang di gudang RSBSA, ATK sudah terlaksana, namun ada pula kegiatan yang belum terlaksana yaitu penyimpanan barang ATK yang belum tertata rapi. Kegiatan yang telah dilakukan adalah penyimpanan barang dengan metode FIFO dan FEFO, serta penyimpanan barang sesuai jenis barang yang telah ditentukan. Pelaksanaan proses pengeluaran barang di gudang RSBSA ATK telah terlaksana, karena telah dilakukan pengisian kuitansi merah/permintaan barang yang diserahkan, pengecekan barang di gudang untuk melihat inventaris barang, melakukan pengiriman barang sesuai dengan yang tertera pada resi permintaan barang ATK, perencanaan barang akan dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan unit yang mengajukan permintaan barang guna mencegah terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan persediaan barang, dicatat dalam buku ekspedisi, dan mencatat pengurangan barang pada kartu stok kemudian memasukkan data sebagai bahan pembanding.
Unduhan
Referensi
Ambrose, J. M. (1980) ‘Organizing pharmacy purchases in a small hospital’, Hospital pharmacy, 15(1), pp. 7–14.
Beier, F. J. (1995) ‘The management of the supply chain for hospital pharmacies: a focus on inventory management practices’, Journal of business Logistics. Blackwell Publishing Ltd., 16(2), p. 153.
Fitriani, A., Chotimah, I. and Parinduri, S. K. (2020) ‘Analisis Logistik Dalam Pemenuhan Kebutuhan Alat Tulis Kantor Prioritas (Continuous Form) Pada Pelayanan Di Rsud Cibinong Tahun 2018’, Promotor, 3(2), pp. 136–161.
Kamsatul, N. R. (2023) ‘Hubungan Pengadaan Alat Tulis Kantor (ATK) terhadap Pelayanan Logistik di Rumah Sakit r. Adnaan WD Payakumbuh Tahun’. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Ogbadu, E. E. (2009) ‘Profitability through effective management of materials’, Journal of economics and International Finance. Academic Journals, 1(4), p. 99.
Oumlil, A. Ben and Williams, A. J. (2011) ‘Strategic alliances and organisational buying: an empirical study of the healthcare industry’, International Journal of Procurement Management. Inderscience Publishers, 4(6), pp. 610–626.
Poulin, E. (2003) ‘Benchmarking the hospital logistics process A potential cure for the ailing health care sector’, CMA MANAGEMENT. CMA CANADA, 77(1), pp. 20–23.
Purnama, P., Zaelani, S. I. and Gustini, F. (2021) ‘PENGARUH PENGADAAN ALAT TULIS KANTOR (ATK) TERHADAP LAYANAN LOGISTIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH CIKALONG WETAN’, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(3), pp. 422–425.
Ross, A. D. and Jayaraman, V. (2009) ‘Strategic purchases of bundled products in a healthcare supply chain environment’, Decision Sciences. Wiley Online Library, 40(2), pp. 269–293.
Suryadi, B. (2021) Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana SMK/MAK Kelas XI. Gramedia Widiasarana indonesia.
De Vries, J. (2011) ‘The shaping of inventory systems in health services: A stakeholder analysis’, International Journal of Production Economics. Elsevier, 133(1), pp. 60–69.