Evaluasi Efektifitas Model Latihan Vertikal Jump Di SSB Kancil Mas Karawang Tahun 2024
DOI:
https://doi.org/10.35706/joker.v4i1.11573Abstrak
Penelitian ini berfokus pada mengevaluasi keefektifan model pelatihan lompat tinggi vertikal jump di SSB Kancil Mas Karawang, dengan spesifikasi 12 subjek. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis data. Populasi yang diteliti terdiri dari individu dari SSB Kancil Mas Karawang, dengan ukuran sampel 12 subjek yang dipilih secara sengaja. Dampak model pelatihan terhadap kinerja lompat tinggi vertikal dievaluasi melalui pengolahan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam tinggi lompat vertikal peserta, dengan peningkatan rata-rata sebesar 25%.Selain itu, korelasi signifikan ditemukan antara komponen . latihan dan kinerja lompat vertikal peserta, menunjukkan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan kemampuan lompat atlet.
Evaluasi ini memberikan kontribusi pada pengetahuan yang lebih baik tentang strategi optimalisasi pelatihan lompat tinggi vertikal untuk atlet di SSB Kancil Mas Karawang. Temuan penelitian ini memiliki implikasi bagi pengembangan program latihan vertikal jump yang efektif di pusat pelatihan olahraga, menyoroti pentingnya pendekatan yang terstruktur dengan baik dan berbasis bukti untuk meningkatkan kinerja atlet. Hasil ini juga memberikan wawasan berharga bagi pelatih dan pelatih yang bekerja dengan atlet yang memerlukan peningkatan kemampuan lompat vertikal mereka.
Unduhan
Referensi
Anwar, S. (2013). Survei Teknik Dasar Dan Kondisi Fisik Pada Siswa Sekolah Sepak Bola (Ssb) Se Kabupaten Demak Tahun 2012. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(9), 596–604. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr
Febri Herdion Alfio Ozon, & Vera Septi Sistiasih. (2023). Pengaruh Latihan Plyometric Standing Jump Terhadap Peningkatan Vertical Jump Pemain Bola Voli Tunas Harapan Ponorogo. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 9(1), 133–145. https://doi.org/10.36728/jip.v9i1.2439
Gutawa Arda Wisnu, K. F. R. (2022). Analisis Teknik Dasar Sepak Bola Pada Anak Usia Dini Pada Siswa Sekolah Sepak Bola (SSB). Urnal Kesehatan Olahraga Vol., 10(1), 183–190. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/46420/39208
Hati, F. S. (2023). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 7(1), 67–78. https://doi.org/10.37730/edutrained.v7i1.220
Maulana, H., & Faruk, M. (2021). Tingkat Kondisi Fisik Atlet Sepakbola Puslatda Jatim (Study akhir priode persiapan kusus). Jurnal Prestasi Olahraga, 4(9), 1–9.
Putra, A. N., Lawanis, H., ’ala, F., & Bahtra, R. (2022). Efektivitas Model Latihan Small Sided Games Terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Sepakbola Siswa Ssb Usia 12 Tahun. Sporta Saintika, 7(1), 111–120. https://doi.org/10.24036/sporta.v7i1.218
Sapira, D., Sugihartono, T., & Ilahi, B. R. (2022). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Jump Heading Atlet Sepak Bola Wanita Pada Klub Tunas Muda Bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 301–312. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i2.21533
Shalahudin, F., & Sifaq, A. (2023). JPO: Jurnal Prestasi Olahraga SURABAYA. JPO: Jurnal Prestasi Olahraga, 6(1), 20–24.
Suparman, A., Siska, & Hendri Mulyadi. (2021). Hubungan Daya Ledakotot Tungkai Terhadap Heading Heading Bola Pada Pemain Club Sepak Bola Dayo Fc Pada Pemain Club Sepak Bola Dayo Fc Kecamatan Tandun. Jurnal Sport Rokania, 1(1), 29–37. https://e-jurnal.rokania.ac.id/index.php/josr%0AHUBUNGAN
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 dita lestari, Deden Akbar Izzuddin, R. Retna Kinanti Dewi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.