Pengaruh Jarak Antara Rumah Ke Sekolah dan Minat Belajar PJOK Siswa di SMP Negeri Se- Kecamatan Menteng
DOI:
https://doi.org/10.35706/joker.v3i2.9990Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari jarak tempat tinggal terhadap hasil belajar PJOK siswa di SMP Negeri Se- Kecamatan Menteng. Mengetahui pengaruh pengaruh jarak tempat tinggal terhadap hasil belajar PJOK siswa di SMP Negeri Se- Kecamatan Menteng tahun ajaran 2022/2023. Desain dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yakni mendeskripsikan mengenai pengaruh Jarak tempuh siswa ke sekolah terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan angket, skor yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk prosentase. Dari data diatas menjelaskan bahwa siswa yang memiliki survei baik terhadap pembelajaran berjumlah 49 siswa (15,11%), siswa yang memiliki survei cukup terhadap pembelajaran berjumlah 227 Siswa (70,06%), dan siswa yang memiliki survei kurang terhadap pembelajaran berjumlah 48 Siswa (14,81%), presentase ini dapat dilihat di grafik Diagram pie dibawah.Bagi guru Guru diharapakan lebih memperhatikan siswa terutama pada semangat belajarnya agar siswa tidak merasa bosan saat melakukan pembelajaran PJOK. Bagi Siswa diharapkan sebelum melakukan proses pembelajaran berlagsung belajar terlebih dahulu agar dapat memberikan pemahaman awal sehingga saat masuk pelajaran lebih paham lagi dengan materi yang telah diajarkan.
Unduhan
Referensi
Andriyanto, T. (2016). Minat siswa kelas iv dan v dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD N Sendangharjo Sleman
Yogyakarta. Skripsi, Sarjana, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FIK UNY.
BSNP. (2006). Panduan Penyusuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Dinas P dan K Kabupaten Klaten
Djaali. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Paturusi, A. (2012). Manajemen pendidikan jasmani dan olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.
Puspayanti, Penny. (2017). Minat Siswa Kelas IV dan V Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Keseharan di SD Negeri 1 Godean Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suherman, A. (2000). Dasar-dasar penjaskes. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Audi Putri Aisyah, Taufik Rihatno, Rizky Nurulfa
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.