Pengaruh Jarak Antara Rumah Ke Sekolah dan Minat Belajar PJOK Siswa di SMP Negeri Se- Kecamatan Menteng

Authors

  • Audi Putri Aisyah Universitas Negeri Jakarta
  • Taufik Rihatno Universitas Negeri Jakarta
  • Rizky Nurulfa Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/joker.v3i2.9990

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari jarak tempat tinggal terhadap hasil belajar PJOK siswa di SMP Negeri Se- Kecamatan Menteng. Mengetahui pengaruh pengaruh jarak tempat tinggal terhadap hasil belajar PJOK siswa di SMP Negeri Se- Kecamatan Menteng tahun ajaran 2022/2023. Desain dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yakni mendeskripsikan mengenai pengaruh Jarak tempuh siswa ke sekolah terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan angket, skor yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk prosentase. Dari data diatas menjelaskan bahwa siswa yang memiliki survei baik terhadap pembelajaran berjumlah 49 siswa (15,11%), siswa yang memiliki survei cukup terhadap pembelajaran berjumlah 227 Siswa (70,06%), dan siswa yang memiliki survei kurang terhadap pembelajaran berjumlah 48 Siswa (14,81%), presentase ini dapat dilihat di grafik Diagram pie dibawah.Bagi guru Guru diharapakan lebih memperhatikan siswa terutama pada semangat belajarnya agar siswa tidak merasa bosan saat melakukan pembelajaran PJOK. Bagi Siswa diharapkan sebelum melakukan proses pembelajaran berlagsung belajar terlebih dahulu agar dapat memberikan pemahaman awal sehingga saat masuk pelajaran lebih paham lagi dengan materi yang telah diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyanto, T. (2016). Minat siswa kelas iv dan v dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD N Sendangharjo Sleman

Yogyakarta. Skripsi, Sarjana, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FIK UNY.

BSNP. (2006). Panduan Penyusuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Dinas P dan K Kabupaten Klaten

Djaali. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Paturusi, A. (2012). Manajemen pendidikan jasmani dan olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Puspayanti, Penny. (2017). Minat Siswa Kelas IV dan V Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Keseharan di SD Negeri 1 Godean Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suherman, A. (2000). Dasar-dasar penjaskes. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Published

2023-10-31

How to Cite

Aisyah, A. P., Rihatno, T., & Nurulfa, R. (2023). Pengaruh Jarak Antara Rumah Ke Sekolah dan Minat Belajar PJOK Siswa di SMP Negeri Se- Kecamatan Menteng. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 3(2), 164–168. https://doi.org/10.35706/joker.v3i2.9990