Pengembangan Keterampilan Teknik Dasar Passing Voli Melalui Model Kepelatihan Inovatif Mahasiswa Unimed
DOI:
https://doi.org/10.35706/joker.v4i2.12508Abstract
Tujuan dalam penelitian ini Adalah untuk mengetahui hasil belajar passing bawah Mahasiswa. Pengumpulan data yaitu dengan variasi angket, wawancara, pengamatan atau observasi, tes, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Ini Termasuk Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah Mahasiswa Unimed yang terdiri dari 22 orang Mahasiswa diantaranya terdapat laki-laki berjumlah 13 orang dan perempuan berjumlah 9 orang. Analisis Data Menggunakan Teknik Analisis Statistik Deskriptif Dengan Presentase. Model pendekatan pembelajaran inovatif (bermain dengan alat modifikasi) dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada Mahasiswa Unimed. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan yang signifikan antara tes awal, siklus 1 dan siklus 2. Pada tes awal persentase ketuntasan hanya sebesar 45,45 % atau 10 Mahasiswa sudah mencapai nilai yang baik dan 12 Mahasiswa belum tuntas. Pada siklus 1 jumlah Mahasiswa yang tuntas dalam melakukan passing bawah bola voli meningkat menjadi 54,55 % atau sejumlah 12 Mahasiswa, sedangkan 10 Mahasiswa belum tuntas. Pada siklus 2 peningkatan terjadi mencapai 77,3 % atau 17 Mahasiswa telah tuntas dalam pembelajaran passing bawah bola voli, hanya ada 5 Mahasiswa yang belum tuntas. Dari capaian pada siklus 2, peneliti menganggap penilitian ini sudah cukup pada siklus 2 saja, karena secara keseluruhan Mahasiswa telah lebih dari 70 % mencapai kriteria tuntas atau telah mencapai KKM, sedangkan sisanya beberapa Mahasiswa lagi perlu ditingkatkan lagi kemampuannya oleh Dosen Penjaskes di Universitas pada pembelajaran-pembelajaran berikutnya
Downloads
References
Anderson, B., & Blackwell, T. (2019). *Innovative Coaching Models in Volleyball Training*. New York: Sports Academic Press.
Clark, R. (2018). Enhancing basic volleyball skills through targeted drills. *Journal of Physical Education and Sport*, 15(3), 290-303.
Graham, P. (2021). Effective coaching practices in developing passing skills. *International Journal of Volleyball Training*, 6(4), 212-226.
Jones, A., & Martin, D. (2020). The impact of innovative training methods on skill acquisition in volleyball. *Sports Training Review*, 8(2), 89-105.
Kim, S., & Park, H. (2017). Teaching fundamental passing techniques in volleyball. *Asian Journal of Sports Coaching*, 9(1), 15-28.
Lee, J. (2016). *Advanced Coaching Techniques for Volleyball Skills*. London: Routledge.
Rodriguez, M., & Adams, C. (2019). Student-centered coaching models in university sports programs. *Journal of Sports Education*, 17(1), 99-112.
Smith, K. (2022). Developing fundamental volleyball skills in beginners. *Journal of Kinesiology and Sport Science*, 10(2), 45-56.
Taylor, L., & Brown, M. (2021). The role of coaching innovation in collegiate volleyball programs. *Coaching Science Review*, 11(3), 130-145.
Wright, P. (2018). Enhancing athletic performance through innovative drills. *International Journal of Sports Coaching*, 13(2), 60-75.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Shafwan Raihan, Nimrot Manalu, Naila Mujra Adiba, Nurul Rafiani Anggur Nasution, Timothy Exaudi Manullang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.