PEMBELAJARAN TEORI SASTRA BERBASIS DIGITAL DI ERA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.35706/jk.v1i1.6289Abstrak
Kehadiran virus corona atau Covid-19 ini membuat kehidupan menjadi tidak senormal dulu. Dampak yang diberikan oleh covid-19 ini mencakup berbagai bidang diantarnaya pada bidang Pendidikan. Pengaruh tersebut membuat para pendidik mengubah strategi pengajaran yang ada menjadi strategi pengajaran berbasis digital di era pandemi. Dosen merasa menggunakan teknik pembelajaran teoretis berbasis hafalan membuat ruang lingkup kelas menjadi tidak efektif namun tidak menghasilkan mahasiswa yang memiliki pemikiran kritis dan kreatif di era pandemi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan penjelasan mengenai penerapan pembelajaran berbasis digital pada mata kuliah Teori Sastra di era pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan dan mengetahui seberapa efektif pembelajaran berbasis digital ini jika diterapkan dan diimplementasikan dalam pembelajaran menggunakan media digital. Hasil penelitian pembelajaran berbasis digital ini memberikan pengalaman baru untuk dosen dalam mengelola kelas dan melahirkan mahasiswa yang efektif, inovatif, serta kreatif dalam belajar salah satunya dengan menerbitkan artikel populer dan infografis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa salah satu upaya untuk mengatasi pembelajaran supaya efektif yakni menggunakan metode pembelajaran berbasis digitalisasi dengan meningkatkan kreativitas.
Kata Kunci : Teori Sastra, Pembelajaran Berbasis Digital, Media Digital, Covid-19
Unduhan
Referensi
Amelia, A., & Rudiansyah, R. (2021). Digitalisasi dan Pembelajaran Bahasa di Era Digital. Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra (SELASAR) 5. 96-105.
Arianti, R., Ningsih, A. R., Nofrita, M., Hermawan, H., & Walef, S. M. (2021). Pendampingan Menulis Artikel Ilmiah Populer Bagia Mahasiswa STKIP Rokania dan Bedah Buku Antologi Puisi. Jurnal Masyrakat Negeri Rokania. 2(2), 98-104.
Dwiyanti, Eva & Purnamaningsih, Ine Rahayu. 2021. Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Digital Picture Books Untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Unsika (JUDIKA) 9(2). 225-236.
Erowati, R., & Bahtiar, A. (2011). Sejarah Sastra Indonesia. Ciputat: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ervinda, Meilisa Dwi. 2021. Horizon Harapan Pembaca Dalam Tinjauan Teori Resepsi Sastra Hanz Robert Jausz. Gresik : Universitas Airlangga
Haerul, H. H., & Yusrina, Y. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital di Masa Pandemi Covid-19. Semantik. 10(1), 25-32.
Hayati, N. Atmazaki & Abdurrahman. 2014. Hubungan Keterampilan Membaca Kritis dengan Keterampilan Menulis Artikel Populer Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Padang. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 2(1).
Herianto, H. 2020. “Teknik Menulis Artikel Konseptual.” OSF Preprints. June 30. doi:10.31219/osf.io/6y3as.
Karim, Bisyri Abdul. 2020. "Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis)." Education and Learning Journal 1.(2), 102-112.
Kurniasih, N. (2016). Infografis. Makalah Seminar Nasional “Komunikasi, Informasi, dan Perpustakaan di Era Global”. LP3 Fikom Unpad. 456-465
Nita, O. (2020). Penguasaan Morfologi dalam Menulis Artikel Populer. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 3(2), 298-307.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah PandemiVirus Corona COVID-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh) 4(2), 30–36.
Ridwan, A., Firmansyah, M. B., & Rosyidah, I. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Sastra Di Era Digital. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional (PRO-TRAPENAS), 1(1), 381-394.
Riyantini, R., & Triarosdianan, S. 2015. Efektivitas Infografis Media Online (Survey Pemberitaan Tempo.co pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Koperatis Wilayah III). Jurnal Bina Widya, 26(1) 54-61.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid19: (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224
Saputra, Rendy Rinaldy. 2021. Pembelajaran dalam masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Unsika (JUDIKA) 9(1). 73-84.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabet
Wicandra, Obed Bima. 2006. "Peran infografis pada media massa cetak." Nirmana. 8 (1). 44- 49.
Williams, Mc. 1999. An Introduction to Social Psychology, Methuen : London Barnes & Noble.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 JURNAL KOLASE
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.