ANALISIS FRAMING BERITA “PERBEDAAN PENDAPAT SEPUTAR PERMENDIKBUD KEKERASAN SEKSUAL” MEDIA KOMPAS DAN VICE
DOI:
https://doi.org/10.35706/jk.v1i1.6291Abstrak
Penelitian ini difokuskan pada dua buah berita yang membahas seputar Perbedaan Pendapat
Permendikbud Kekerasan Seksual. Peneliti menganalisis dua buah media yang meliputi berita
tersebut, yaitu Media Kompas TV dan Vice. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah
menganalisis bagian isi dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan
medeskripsikan hasil analisis. Peneliti memakai Teori Analisis Framing Zhong Dang Pan dan
Gerald M. Kosicki. Teori ini membahas 4 struktur yaitu sintaksis (bagan berita), tematik (cara
pandang dalam suatu peristiwa), skrip (mengemas berita dalam 5W1H), dan teoritis (menekan
suatu arti dari penggambaran pilihan kata atau gaya). Hasil yang ditemukan adalah kedua berita
ini menggunakan media yang sama, yaitu pendapat dari para narasumber terbagi dalam dua
gololangan yaitu pihak pro dan pihak kontra. Berdasarkan hasil penelitian analisis ditemukan
Media Vice lebih banyak mencantumkan narasumber dibandingkan Media Kompas TV. Media
Vice juga mengutip lebih banyak dari Media Kompas TV. Jumlah kutipan pihak pro dan pihak
kontra juga memiliki perbandingan yang signifikan.
Kata kunci: Analisis Framing Zong Dan Pan dan Gerald M. Kosicki, Kompas TV,
Vice
Unduhan
Referensi
Eriyanto. 2002. Analisis Framing: Konstruks, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta:
LkiS Group.
Luthfan. 2021. Pro Kontra Permendikbud Soal Kekerasan Seksual di Kampus.
KompasTv. https://www.kompas.tv/article/231242/pro-kontra-permendikbud-
soal-kekerasan-seksual-di-kampus
M. Erlangga, Ardyan. 2021. Satu Pasal Aturan Pencegahan Kekerasan Seksual di
Kampus Terus Dituding Legalkan Zina. Vice.
https://www.vice.com/id/article/epxdzk/pasal-5-ayat-2-permendikbud-302021-
dikritik-muhammadiyah-dan-pks-berpotensi-legalkan-zina
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 JURNAL KOLASE
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.