Memirsa Iklan Traveloka Paylater dengan Analisis Multimodal

Penulis

  • Daman Huri Unsika

DOI:

https://doi.org/10.35706/jk.v1i1.6337

Abstrak

Artikel ini mendeskripsikan analisis multimodal terhadap iklan traveloka untuk mengukur kemampuan keterampilan memirsa. Fenomena iklan yang setiap waktu sering dijumpai dalam berbagai media bukan hanya dapat dimaknai maksudnya saja tetapi juga harus diperoleh makna-makna lainnya yang terkandung dalam iklan tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode deskripsi. Hasil analisis menunjukan bahwa iklan traveloka mempunyai makna-makna yang mempunyai maksud dan tujuan yang jelas ditinjau secara bahasa, visual, audio, gestural, dan spasial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap). Seputar Pengetahuan. https://www.seputarpengetahuan.co.id/2021/12/pengertian-iklan.html.

Huri, Daman. dkk (2021, 11 01). KAJIAN AWAL KETERAMPILAN MEMIRSA (VIEWING SKILLS) DAN PEMBELAJARANNYA PADA ERA DIGITAL DI INDONESIA. Retrieved from International Seminar on Language, Education, and Culture: http://isolec.um.ac.id/proceeding/index.php/issn/article/view/108

Keterampilan menyimak - Keterampilan Bahasa reseptif. 123dok.com. (n.d.). https://123dok.com/article/keterampilan-menyimak-keterampilan-bahasa- reseptif.yew0r3ey

Konjo, I. (n.d.). 2011. Teori Semiotik Menurut Para Ahli. Jari Rindu Blog. https://jaririndu.blogspot.com/2011/11/teori-semiotik-menurut-para-ahli.html

Miar. (n.d.). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. miar. https://miar.ub.edu/issn/2442-8485

Repositori Ilmiah Indonesia. Neliti. (n.d.). https://www.neliti.com/id/ Santoso, S. (n.d.). Bab 3 OBJEK Linguistik : Bahasa - PDF. adoc.pub.https://adoc.pub/bab-3-objeklinguistikbahasaf466c626245cd92c756c47f232ab2ea 998660.html

Traveloka. 2021. Traveloka Paylater. https://www.youtube.com/watch ?v=ON1 SdwS8IGY&t=60s.

https://kumparan.com/kabar-harian/unsur-unsur-iklan-televisi-audio-hingga-pacing-1wZY06jGlRy/4

Diterbitkan

2022-02-07

Cara Mengutip

Huri, D. (2022). Memirsa Iklan Traveloka Paylater dengan Analisis Multimodal. JURNAL KOLASE, 1(1). https://doi.org/10.35706/jk.v1i1.6337

Terbitan

Bagian

KOLASE