INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MEWUJUDKAN MERDEKA BELAJAR DI ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.35706/jk.v1i2.8798Abstrak
Merdeka belajar merupakan program belajar yang memberikan suasana belajar lebih baik, bebas, dan bahagia bagi pendidik dan peserta didik dengan memanfaatkan teknologi di era society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran inovasi media pembelajaran dalam mewujudkan merdeka belajar, (2) mendeskripsikan bentuk inovasi media pembelajaran dalam mewujudkan merdeka belajar, (3) mendeskripsikan penerapan inovasi media pembelajaran dalam mewujudkan merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Sumber data berupa sumber data primer dan sekunder. Kegiatan analisis data melalui empat tahap yaitu reduksi, penyajian, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran inovasi media sebagai sarana menyalurkan pesan dari pendidik ke peserta didik dengan efektif, inovatif, dan kreatif sehingga target pembelajaran melalui merdeka belajar dapat dicapai dengan maksimal. Beberapa bentuk inovasi media pembelajaran yang dapat diterapkan di era society 5.0 diantaranya (1) penggunaan aplikasi discord sebagai media pembelajaran jarak jauh (daring), (2) media pembelajaran berbasis local offline server dengan memanfaatkan teknologi komputer dalam pembelajaran agar pendidik dan peserta didik dapat berbagi fail dan berkomunikasi dengan bantuan server lokal tanpa menggunakan jaringan internet, (3) penggunaan papan tulis interaktif untuk memancing keaktifan siswa.
Unduhan
Referensi
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Biró, P. (2011). STUDENTS AND THE INTERACTIVE WHITEBOARD. 4(3).
Hamid, M. A., Ramadhani, R., & Juliana, M. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis
Handayani, R. (2017). Voice over Internet Protocol (VOIP) Pada Jaringan Nirkabel Berbasis Raspberry Pi. KINETIK, 2(2), 82. https://doi.org/10.22219/KINETIK.V2I2.146
Hasan, M., Milawati, & Darodjat. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Cendekia Publisher.
Jennah, R. (2019). Media pembelajaran. Antasari Press.
Laurenz, L., & Putro, E. (2012). PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN SISTEM VOICE OVER INTERNET PROTOCOL. Jurnal Teknik Dan Ilmu Komputer, 231–221.
Mulyaningtyas, R., & Nurjanah, E. (2021). Media Perkuliahan Darinf di Jurusan TBIN IAIN Tulungagung. 2(1), 21–31.
Nastiti, F. E., & ’Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5. Edcomtech, 5(1), 61–66.
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. CV Jejak.
Purwanto. (2013). Penggunaan Papn Tulis Interaktif di Kelas. Jurnal Teknodik, 17(3), 331–343.
Purwanto, P. (2019). PENGGUNAAN PAPAN TULIS INTERAKTIF DI KELAS THE USE OF INTERACTIVE WHITEBOARD IN CLASSROOM. Jurnal Teknodik, 17(3), 104–116. https://doi.org/10.32550/TEKNODIK.V17I3.565
Ramli, M. (2012). Media dan teknologi Pembelajaran. IAIN Antasari Press.
Sasikirana, V., & Herlambang, Y. T. (2020). Urgensi Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Society 5.0. E-Tech, 08(02). https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Simamora, R. H. (2009). Pendidikan dalam Keperawatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarti, E., Jazeri, M., Manggiasih, N. P., & Masithoh, D. (2020). Penanaman Dinamika Literasi pada Era 4.0. 4(April).
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. CV Pustaka Abadi.
Suprapto, A. (2020). Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta: Deepublish.
Susanto. (2008). Desain Jaringan Komputer. Semarang: Semarang University Press.
Syiah Kuala University Press (Ed.). (2020). Transformasi Media Pengajaran Kampus Merdeka di Era Kenormalan Baru.
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. 2(1), 1–9.
Diterbitkan
Versi
- 2024-10-30 (2)
- 2023-03-31 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JURNAL KOLASE
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.