PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BAHASA INDONESIA BERBENTUK POWER POINT INTERAKTIF
DOI:
https://doi.org/10.35706/jk.v1i2.8801Abstrak
Dalam proses pembelajaran tentunya menggunakan jenis model pembelajaran yang berbeda, di dalam penulisan artikel ini peneliti akan membahas hasil observasi pada bahan ajar yang sudah di uji coba di SMPN 1 Karawang Barat. Penelitian ini tentang proses media pengembangan sebagai bahan ajar yang dilakukan secara sistematis, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat produk media pembelajaran berupa Microsoft Power Point Interaktif dan peneliti ingin melihat hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, tentang penelitian survei melalui teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan produk media pembelajaran ini adalah tahap pertama wawancara, tahap kedua observasi, tahap ketiga percobaan pengembangan media. Dengan media yang sudah dibuat mendapatkan hasil penelitian menunjukkan validasi media dan validasi materi memiliki skor rata-rata 85%. 89% dengan dukungan respon siswa yang sangat aktif membuat peneliti semakin yakin bahwa media pembelajaran Power Point Interaktif dinyatakan layak dan dapat digunakan oleh siswa Kelas VII SMPN 1 Karawang Barat.
Unduhan
Referensi
Power Point untuk Meningkatkan Pemahaman dan Motivasi Siswa Kelas X pada Materi Virus di SMA Swasta Darul Aitami Meureubo. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).
Oemar Hamalik (2003) Media Pendidikan, Cetakan VI, Bandung: PT Citra Aditya Bakti Nasution,S, Berbagai Pendekatan dalam Proses BelajarMengajar, Jakarta : Bina Aksara, 1990.
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Ranah (2022), Metode Penelitian Survei. Research:Sumatera
##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2023-03-31 (2)
- 2023-03-31 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JURNAL KOLASE
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.