APLIKASI AYO BELAJAR SEBAGAI INOVASI DAN ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 AYO BELAJAR APPLICATION AS AN INNOVATION AND ALTERNATIVE LEARNING MEDIA IN THE MIDDLE OF THE COVID-19 PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.35706/jk.v1i2.8802Abstrak
Pandemi covid-19 berpengaruh besar dalam berbagai sektor, terutama sektor pendidikan. Pengajar dan peserta didik diharuskan melaksanakan interaksi pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut memunculkan banyaknya develover yang merilis dan menyediakan aplikasi-aplikasi pembelajaran untuk membantu para pengajar maupun peserta didik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dari kondisi itulah penulis mempunyai ide untuk menciptakan media pembelajaran jarak jauh berupa aplikasi Ayo belajar. Aplikasi ini sebagai inovasi media pembelajaran berbasis android yang mampu di bawa kemana-mana. Karena bentuknya yang mobile memungkinkan pengguna lebih mudah dalam menggunakannya. Aplikasi Ayo belajar dirancang untuk mempermudah peserta didik dalam mempelajari Bahasa Indonesia. Sebab, aplikasi ini baru dibubuhi oleh materi-materi Bahasa Indonesia kelas X semester 1. Penelitian ini menggunkan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan berdasarkan informan dari berbagai sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran daring berjalan dengan lancar, walaupun sistem pembelajaran yang dirasakan kurang efektif dan ideal. Hasil belajar siswa pun variatif, ada yang kurang memuaskan, cukup hingga baik. Namun masih banyak kendala pada pembelajaran daring ini seperti; kurangnya kuota internet, jaringan yang kurang stabil dan alat penunjang pembelajaran seperti laptop dan handphone. Keberhasilan belajar tergantung pada siswa dan guru, aplikasi pembelajaran daring yang disediakan oleh develover hanya sebatas menyembatani kegiatan belajar mengajar dimasa pandemi.
Unduhan
Referensi
Arizona, Kurniawan, & dkk. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Volume 5 N. file:///C:/Users/user/Downloads/editorsnpasca,+Hafida+Eka+Septiana+-+Artikel+Semnas+Rev+-+Hafida+Eka+Septiana+484.pdf
Irwanto, I. (2020). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNK ELEKTRO UNTIRTA DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Vol. 3, No, 30. file:///C:/Users/user/Downloads/9852-24404-1-SM.pdf
Rohman, M., & Amri, S. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Prestasi Pustakaraya.
Septiana, H. E. (2020). Kebijakan Tentang Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi di SMA N 1 Purworejo. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2020, 480. file:///C:/Users/user/Downloads/editorsnpasca,+Hafida+Eka+Septiana+-+Artikel+Semnas+Rev+-+Hafida+Eka+Septiana+484.pdf
Yuliani, F. C. (2021). GAMBARAN PERILAKU MAHASISWA STIKES DUTA GAMA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19. JURNAL KESEHATAN JURNAL ILMU KESEHATAN STIKES DUTA GAMA KLATEN, Volume 13(Vol 13 No 2 (2021): JURNAL ILMU KESEHATAN STIKES DUTA GAMA KLATEN). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.5737/e-journal.v13i2.564
##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2023-03-31 (2)
- 2023-03-31 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JURNAL KOLASE
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.