Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Melalui Tekni 3M (Melipat, Menggunting, Menempel)
DOI:
https://doi.org/10.35706/murangkalih.v4i02.9311Abstrak
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan perkembangan motorik halus anak
usia dini melalui teknik 3M ( melipat, mengguntin, dan menempel) yang sangat diperlukan anak usia
dini sebagai landasan kasiapan saraf motorik anak usia dini. Motede yang digunakan adalah deskriptif, partisipan, melalui teknik yang digunakan pengamatan, wawancara, study pustaka baik dari buku maupun internet dengan analisis data deskriptif. Hasil yang didapatkan pada saat penelitian dari 24 sampel anak usia dini di kelas B, TK Amaliah kecamatan Buay Madang Timur, diperoleh bahwa 12 orang dengan persentasi 50% anak dapat dengan cepat menerapkan 3M, 9 orang anak dengan persentase 37,5% normal dalam menerapkan 3M, dan 3 orang anak dengan persentase 12,5% lambat dalam menerapkan 3M. Dimana dalam hal ini jumlah anak yang cepat dan normal dalam menerapkan 3M lebih besar yaitu sekitar 87,5% dan yang lambat sebesar 12,5%. Dengan menerapkan 3M mampu mnegembangkan motorik anak usia dini, Teknik ini memiliki manfaat dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak, seperti koordinasi mata dan tangan, kehalusan gerakan, kreativitas, dan kepercayaan diri. Peran guru dan orang tua penting dalam memberikan dukungan, fasilitasi pembelajaran, dan menciptakan lingkungan yang sesuai. Dengan implementasi teknik 3M secara konsisten, anak dapat mengalami pertumbuhan positif dalam perkembangan motorik halus mereka.
Kata kunci ; Anak usia dini, Ketrampilan 3M, Motorik Halus
Unduhan
Referensi
Iskandar, G. N., Darmiyanti, A., & Munafiah, N. U. (2023). Peran Guru Dalam
Memberikan Pembelajaran Anak Usia Dini Pasca Pandemi Di Tk Shafa
Marwah. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 47-52.
Kisno, Herlidasari, A., Jannah, M., & Rizky Syafitri, A. (2021). Upaya Meningkatkan
Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Teknik 3M (Melipat, Menggunting,
dan Menempel) Pada Anak Usia Sekolah Dasar Kelas Awal. Indonesian Journal of
Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 2(1), 18–30. https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/
Nabila, Y., & Mushlih, A. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Anak
Usia Dini Di Tk Dharmawanita Batangsaren 1 Tulungagung. MURANGKALIH:
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 19–29. Diambil dari
https://journal.unsika.ac.id/index.php/murangkalih/article/view/9225
Pramesty, D. A. (2017). Penerapan Melipat, Menggunting, Menempel (3M) dalam
Upaya Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Anak. Jurnal PTK Dan
Pendidikan, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.18592/ptk.v3i1.1057
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini
Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140.
https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
The, I. N., Region, N., & Wirobrajan, O. F. (2013). Penerapan Bercerita Guru Pada Anak
Kelompok B Di Tk Gugus.
Widayati, S., Rinakit Adhe, K., Nafisa, F., & Faiza Silvia, E. (2019). Tahapan
Menggunting dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia
Dini. Child Education Journal, 1(2), 50–57. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1402
Yohanis, M. L., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Khotimah, N., Pendidikan, F. I., &
Surabaya, U. N. (n.d.). ABSTRAK Perkembangan fisik motorik merupakan salah satu
kemampuan dasar yang perlu di miliki anak untuk di kembangkan dengan optimal .
Perkembangan fisik motorik ini meliputi fisik motorik kasar dan fisik motorik halus yang
saling berkaitan . Kemampuan fi. 1–8