PERMASALAHAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
DOI:
https://doi.org/10.35706/murangkalih.v5i01.10854Abstract
Perkembangan anak usia dini, tidak selalu berjalan mulus. Kerap kali terjadi permasalahan dalam setiap perkembangan nya. Salah satu nya permasalahan perkembangan bahasa. Faktor yang mempengaruhi permasalahan bahasa pada anak usia dini beragam. Tidak hanya disebabkan fisik saja, namun lingkungan pun sangat mempengaruhi. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui apa itu permasalahan perkembangan bahasa anak usia dini dan apa saja faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meode kuantitatif dengan metode studi literature. Teknik pengumpulan data diambil dari sumber bacaan yaitu artikel jurnal. Perkembangan bahasa akan meningkat sesuai dengan meningkatnya usia anak. Penting sekali perkembangan bahasa ini dalam kehidupan anak. Karena, dengan bahasa anak mampu mengembangkan kemampuan sosialnya. Keterampilan bergaul dalam lingkungan sosial dimulai dengan penguasaan kemampuan berbahasa. Melalui bahasa, anak dapat mengekspresikan pikirannya, sehingga orang lain dapat menangkap apa yang dipikirkan oleh anak dan menciptakan suatu hubungan sosial. Pada saatnya anak akan dapat berkembang dan tumbuh menjadi pribadi yang bahagia karena dengan mulai berkomunikasi dengan lingkungan, bersedia memberi dan menerima segala sesuatu yang terjadi di lingkungannya. Proses perkembangan tersebut melalui berbagai tahapan-tahapan perkembangan bahasa anak, masalah bahasa terjadi karena faktor internal dan eksternal.
Downloads
References
Baiti, N. (2020). Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v%vi%i.4959
Jailani, M. S. (2018). Perkembangan Bahasa Anak dan Implikasinya dalam Pembelajaran. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 18(1), 15–26. https://doi.org/10.30631/innovatio.v18i1.36
Kamilah, U., Rihlah, J., Fitriyah, F. K., & Syaikhon, M. (2020). Pengaruh Perilaku Kecanduan Gawai terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 61–67. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1685
Hajar, I., & Rahayu, W. S. (2022). Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun Pada Keluarga Broken Home. 16(2), 58–68.
Marisa, R. (2015). Permasalahan Perkembangan Bahasa Dan Komunikasi Anak. FKIP Universitas Almuslim. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 1–9.
Ni’mah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4(1), 44–62.
Nur, C. A. (2009). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Atien Nur Chamidah. Jurnal Pendidikan Khusus, vol.1 no.3, 1–8.
Pujianti, R., Sumardi, & Mulyadi, S. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Raudhatul Athfal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 117–126.
Rahayu, N., Elan, & Mulyadi, S. (2021). Analisis Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Desember, 5(2), 202–210.
Ramandhini, R., Rahman, T., & Purwati. (2023). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 17(1), 116–123. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15951
Safitri, Y. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.35
Sumaryanti, L. (2017). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Muaddib , 01(07), 73–89.
Zahra, H. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 06(02), 2338–2163. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah