PERANCANGAN APE MISTERY BOX DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.35706/murangkalih.v4i01.9214Abstract
Penelitian ini menyajikan desain APE Mystery Box untuk membantu pendidikan matematika anak usia dini. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi potensi dan tantangan yang mungkin timbul dari pelaksanaannya. Untuk mencapai hal tersebut, dilakukan kajian literatur terhadap penelitian yang ada terkait pendidikan matematika anak usia dini dan kegiatan pembelajaran menggunakan APE mistery box. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kotak misteri dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir matematis anak sekaligus memberi mereka kesempatan untuk mengekspresikan diri dan memecahkan masalah secara kreatif. Namun, penting untuk dicatat bahwa ada tantangan tertentu yang terkait dengan penggunaannya seperti kesulitan dalam menemukan materi yang sesuai untuk tipe pembelajar yang berbeda atau kesulitan dalam mempertahankan fokus pembelajar karena pengulangan tugas serupa dari waktu ke waktu. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa Kotak Misteri APE dapat memberikan dukungan yang berharga untuk pendidikan matematika anak usia dini jika diterapkan dengan benar oleh pendidik berpengalaman yang menyadari potensi dan keterbatasan yang terkait dengan penggunaannya.
Downloads
References
Anna Kartika Wahyuningrum, dkk. “Pengembangan Media Pembelajaran Edukatif
Mistery Box Untuk Perkembangan Anak Dalam Mengenal Huruf”, Seminar
Pendidikan dan Pembelajaran, FKIP-Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Birru Muqdamien, dkk. “Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian
Research and Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk
Meningkatkan Pengetahuan Sains dan Matematika anak usia 5-6 Tahun”,
Jurnal Intrections, Volume 6. No.1, Februari 2021
Dalima Septria,"Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok Bermain Melalui
Alat Permainan Edukatif Magic Box", Tesis: Intitut Agama Islam Negeri
Bengkulu: 2020. Hal.13-14
Desi Ranita Sari, dkk.” Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun” Jurnal
Pendidikan. Vol.5, No.11, November 2020, Hal 1535-1539.
Eri Wahyu Ningsih,” Evektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Anak Usia
Dini Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif di TK Ulil Albab”, AlIhsan Volume 3 Nomor 1, 2022.
Fitri Febri Handayani, “Metode Bermain: Upaya Menstimulasi Perkembangan
Matematika Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Konseling, Vol.5, No.02,
Muammar Qadafi, M.Pd., (2020), ” Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk
Anak Usia Dini”, Mataram: Sanabil
Muhammad Busyro Karim, "Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia
Dini Melalui Alat Permainan Edukatif", Jurnal PGPAUD, Vol:1, No:2,
Oktober 2014, Hal 76-146.
Nani, R. S. (2017). “Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan
pada siswa yang menyenangi game”. Prosiding Temu ilmiah X Ikatan
Psikologi Perkembangan Indonesia (p. 227). Semarang: Ikatan Psikologi
Perkembangan Indonesia11 | Murangkalih: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini – (Eka Novitasari Dewi)
Judul Jurnal: Perancangan Ape Mistery Box Dalam Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini
Nur Asiah,” Pengembangan Media Pembelajaran Alphabet Mistery Box Untuk
Mengenalkan Huruf Pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak”, Jurnal:
Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 7, Tahun ke-9, 2020.
Nur Rahmah, dkk. “Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE)
Matematika Bagi Guru di Kelurahan Balandai Kota Palopo”, Tranformasi:
Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 18, No 1, Juni 2022, Hal 137-153.
Sartika Dwi Harahap, Annisa Wahyuni, "Kreatifitas Mahasiswa Paud Dalam Merancang
APE (Alat Pembelajaran Edukatif) Sebagai Media Belajar Anak Usia Dini,” Tila:
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.1 No.2, Desember 2021, Hal:55-56
Sukamti, Endang R. dkk. (2010). “Bermain dan Kreativitas sebagai Fondasi bagi Tumbuh
Kembang Anak Usia Dini.” FIK UNY: Yogyakarta