Analisis Pengembangan Moral Melalui Metode Permainan Tradisional
DOI:
https://doi.org/10.35706/murangkalih.v4i02.9759Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pemelajaran dengan mengunakan metode permainan tradisional untuk meningkatkan perkembangan moral anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatid deskriptif, yaitu mendeskripsikan situasi atau fenomena yang terjadi dilapangan apa adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun dikelas B, guru kelas B, dan kepala sekolah di RA Al-Furqon. Dari hasil yang kami peroleh perkembangan moral anak bisa dilakukan yang salah satunya menggunakan metode permainan tradisional. Menggunakan metode ini di RA Al-Furqon sangat cocok untuk perkembangan moral anak. Dalam permainan ini terkandung niali nilai karakter dengan menanamkan, membentuk atau menguatkan jati diri anak. Selain itu, dengan adanya aturan dalam permainan anak bisa mengikutinya dengan sabar dan jujur dalam permainan.
Kata Kunci : analisis pengembangan moral, metode permainan tradisional, Anak Usia Dini
Downloads
References
Andriani, T. (2012). permainan tradisional dalam pembentukan karakter anak . Jurnal
Sosial Budaya Vol 9 No. 1.
Aulia, A., & Munafiah, N. (2023). Konsep Keberkahan Pengasuhan Anak dalam
Perspektif Islam. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 45–52.
https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9950
Bandura, K. B. (2004). Social cognitive theory of gender development and functioning. In The
psychology of gender . New York: The Guilford Press.
Dharmamulya, S. (2004). Permainan Tradisional Jawa. Purwangga : Kepel Press.
Fadillah, M. (2012). desain pembelajaran AUD . yogyakarta: Ar-Ruzz Media .
Hidayat, O. S. (2015). metode pengembangan moral dan nilai nilai agama . Tanggerang
selatan ; Universitas Terbuka: juni .
Isminarti, I. (2020). Model Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui Permainan
tradisional . Bildung: Yogyakarta.
M.si, Dr Isminarti . (2020). Model Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui
Permainan Tradisional . Banguntapan Bantul Yogyakarta: Februari .
Misbach, I. (2006). Peran permainan tradisional yang bermuatan edukatif dalam
menyumbang pembentukan karakter dan identitas bangsa .
Muryono. (2009 ). Empati, penalaran moral, dan pola asuh: telaah bimbingan konseling .
Yogyakarta ; Gala Ilmu Semesta.
Nurrahmah, M. S., & Ferianto, F. (2023). Kepribadian Seorang Pendidik Di Tinjau Dari
Perspektif Hadits. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(02), 104-109.
Pujriyanto. (Mei 2011). Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Para Figur Kunci .
Jurnal Dinamika Pendidikan no 01/TH.XVII.
Sa’diyah, D. ( 2023). Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Aspek
Perkembangan Moral anak SD. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan
Vol. 2 No 1.
santrock, j. w. (2007). perkembangan anak jilid 2. jakarta ; erlangga.
Santrock, J. W. (2012). Life-span development edisi ke-1 . Jakarta: Erlangga .
Sit, M. (2017). psikologi perkembangan Anak Usia Dini edisi pertama . Jakarta ; kencana.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD . Yogyakarta: Pustaka Insan Madani .
Yuningsih. (2014). Menguatkan Kembali Pendidikan Keagamaan dan Moral Anak Didik.
edisi agustus Volume VIII No. 2 199-2016.
Saripudin, A., Hernanto, F., & Yani, A. (2021). Asesmen Kemampuan Motorik Kasar
Anak Usia Dini Menggunakan Stimulasi Permainan Outdoor Bola Kecil Di
Kabupaten Majalengka. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 2(01). Diambil dari
https://journal.unsika.ac.id/index.php/murangkalih/article/view/4853
Sukma, B. F., Darmayanti, A., & Munafiah, N. U. (2023). PENERAPAN KOMPETENSI
SOSIAL GURU DI TK BINA MUHAJIRIN. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 8(2),
-158