Analisis Pengembangan Moral Melalui Metode Permainan Tradisional

Authors

  • Thoyyibah Thoyyibah Universitas Islam Madura
  • Fitria Ningsih Universitas Islam Madura
  • Alfina Damayanti Universitas Islam Madura
  • Muti’atul Karimah Universitas Islam Madura

DOI:

https://doi.org/10.35706/murangkalih.v4i02.9759

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pemelajaran dengan mengunakan metode permainan tradisional untuk meningkatkan perkembangan moral anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatid deskriptif, yaitu mendeskripsikan situasi atau fenomena yang terjadi dilapangan apa adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun dikelas B, guru kelas B, dan kepala sekolah di RA Al-Furqon. Dari hasil yang kami peroleh perkembangan moral anak bisa dilakukan yang salah satunya menggunakan metode permainan tradisional. Menggunakan metode ini di RA Al-Furqon sangat cocok untuk perkembangan moral anak.  Dalam permainan ini terkandung niali nilai karakter dengan menanamkan, membentuk atau menguatkan jati diri anak. Selain itu, dengan adanya aturan dalam permainan anak bisa mengikutinya dengan sabar dan jujur dalam permainan.  

 

Kata Kunci :  analisis pengembangan moral, metode permainan tradisional, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, T. (2012). permainan tradisional dalam pembentukan karakter anak . Jurnal

Sosial Budaya Vol 9 No. 1.

Aulia, A., & Munafiah, N. (2023). Konsep Keberkahan Pengasuhan Anak dalam

Perspektif Islam. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 45–52.

https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9950

Bandura, K. B. (2004). Social cognitive theory of gender development and functioning. In The

psychology of gender . New York: The Guilford Press.

Dharmamulya, S. (2004). Permainan Tradisional Jawa. Purwangga : Kepel Press.

Fadillah, M. (2012). desain pembelajaran AUD . yogyakarta: Ar-Ruzz Media .

Hidayat, O. S. (2015). metode pengembangan moral dan nilai nilai agama . Tanggerang

selatan ; Universitas Terbuka: juni .

Isminarti, I. (2020). Model Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui Permainan

tradisional . Bildung: Yogyakarta.

M.si, Dr Isminarti . (2020). Model Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui

Permainan Tradisional . Banguntapan Bantul Yogyakarta: Februari .

Misbach, I. (2006). Peran permainan tradisional yang bermuatan edukatif dalam

menyumbang pembentukan karakter dan identitas bangsa .

Muryono. (2009 ). Empati, penalaran moral, dan pola asuh: telaah bimbingan konseling .

Yogyakarta ; Gala Ilmu Semesta.

Nurrahmah, M. S., & Ferianto, F. (2023). Kepribadian Seorang Pendidik Di Tinjau Dari

Perspektif Hadits. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(02), 104-109.

Pujriyanto. (Mei 2011). Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Para Figur Kunci .

Jurnal Dinamika Pendidikan no 01/TH.XVII.

Sa’diyah, D. ( 2023). Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Aspek

Perkembangan Moral anak SD. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan

Vol. 2 No 1.

santrock, j. w. (2007). perkembangan anak jilid 2. jakarta ; erlangga.

Santrock, J. W. (2012). Life-span development edisi ke-1 . Jakarta: Erlangga .

Sit, M. (2017). psikologi perkembangan Anak Usia Dini edisi pertama . Jakarta ; kencana.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD . Yogyakarta: Pustaka Insan Madani .

Yuningsih. (2014). Menguatkan Kembali Pendidikan Keagamaan dan Moral Anak Didik.

edisi agustus Volume VIII No. 2 199-2016.

Saripudin, A., Hernanto, F., & Yani, A. (2021). Asesmen Kemampuan Motorik Kasar

Anak Usia Dini Menggunakan Stimulasi Permainan Outdoor Bola Kecil Di

Kabupaten Majalengka. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 2(01). Diambil dari

https://journal.unsika.ac.id/index.php/murangkalih/article/view/4853

Sukma, B. F., Darmayanti, A., & Munafiah, N. U. (2023). PENERAPAN KOMPETENSI

SOSIAL GURU DI TK BINA MUHAJIRIN. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 8(2),

-158

Published

2023-09-30

How to Cite

Thoyyibah, T., Ningsih, F. ., Damayanti , A. . ., & Karimah, M. . (2023). Analisis Pengembangan Moral Melalui Metode Permainan Tradisional. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 92–103. https://doi.org/10.35706/murangkalih.v4i02.9759