IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TA’ARUF DI DINIYAH TAKMILIYAN AWALIYAH (DTA) NUROHMAH DESA KAUMJAYA

Penulis

  • Daffa Ailsa Ramadhani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Anisa Fahmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nidaul Munafiah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i02.10526

Abstrak

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tentang materi bahasa arab yang dilaksanakan di Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Nurohmah Desa Kaumjaya dengan sasaran peserta didik DTA Nurohmah Desa Kaumjaya berjumlah 20 tingkat 4 dengan usia rata-rata 12 tahun. Dengan mengimplementasikan pembelajaran ta’aruf. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengukur seberapa besar pemahaman materi ta’aruf peserta didik terhadap materi yang telah diberikan oleh peneliti. Untuk mengetahui tujuan tersebut, peneliti menggunakan materi yang diperoleh dari pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Arab di Universitas Singaperbangsa Karawang dan menyampaikan materi sesuai dengan materi yang sudah diperoleh saat perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode maharah Istima’, Kitabah, Kalam. Dengan hasil yang dicapai adalah (1) peserta didik memiliki motivasi belajar Bahasa Arab (2) menambah pengetahuan tentang ta’aruf (3) menambah kosakata baru dan kemampuan dalam mengucapkan Bahasa Arab dengan lagu (4) memiliki spirit dan khayalan tentang mudahnya Bahasa Arab. Pembelajaran ta’aruf yang dilakukan selama lima hari dengan metode yang telah dilakukan, dari hasil post test dapat disimpulkan bahwa peserta didik tingkat 4 DTA Nurohmah Desa Kaumjaya dapat memahami materi ta’aruf.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anisa, N., Chabibahturrohmah, N., Shofura, N., & Fauzia Harnaning Saputri, N. (2021). Implementasi Media Audiovisual dalam pembelajaran Maharah Istima’. Proceeding AEC : Arabic Education Conference, 40–48. Retrieved from https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/aec/article/view/4984

Nalole, D. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah al-Kalam) Melalui Metode Muhadatsah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al Minhaj, 1(1), 129–145.

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Rathomi, A. (2020). Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam, TARBIYA ISLAMICA ISSN (p): 2303-3819-; ISSN (E):, 1, 1–8. Retrieved from http://ojs.iaisambas.ac.id/index.php/Tarbiya_Islamica/index

Roziqin, A., Ni’mah, I. K., & Amelina, R. (2023). Penyuluhan Pendampingan MULA (Muhibbul Lughoh Al-Arabiyah) pada Mahasiswa IAI Nusantara Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya, OKI. Nawadeepa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 9–16. https://doi.org/10.58835/nawadeepa.v2i1.150

Zuhriyah, S. A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Mi Sunan Amoel Krembung Sidoarjo. 87(1,2), 149–200.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Ramadhani, D. A., Fahmawati, A. ., & Munafiah, N. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TA’ARUF DI DINIYAH TAKMILIYAN AWALIYAH (DTA) NUROHMAH DESA KAUMJAYA. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 28–38. https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i02.10526