PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN HAFALAN DI TK KARTIKA XXI-17 KOTA TENGAH KOTA GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i02.5145Abstrak
Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini (1) bagaimana penguasaan hafalan di kelompok B (2) bagaimana penerapan metode talking stick (3) apa faktor pendukung dan faktor penghambat penguasaan hafalan, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan hafalan melalui metode talking sitck.Subjek penelitian yang berjumlah 25 orang anak terdiri dari: 10 laki-laki dan 15anak perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan anak dapat melafalkan makhrojul huruf dengan baik, kelancaran dan menyebutkan huruf Alquran sudah benar. Sehingga guru harus memilih metode yang tepat dalam penguasaan hafalan. Faktor pendukung anak sangat antusias dan semangat anak ketika menggunakan metode talking stick, karena anak merasa senang dalam usia nya yang berkisar antara 5-6 tahun. Metode talking stick menggunakan irama sehingga anak tidak bosan, dukungan orangtua. Faktor Penghambat kurangnya pengkondisian anak, fokus sering berubah-ubah, kejenuhan anak dalam menghafal, keterlibatan orangtua dirumah. Saran penelitian ini diharapkan bagi pendidik dan orangtua harus bekerjasama dalam pembelajaran hafalan anak, bagi penelitian anak akan menjadi pengalaman dalam memilih metode pembelajaran bagi anak usia dini.
Unduhan
Referensi
Ahsin, Bimbingan Praktis Menghafal Alquran, Jakarta : Bumi Aksara, 2005.
Cucu Susianti, Efektivitas Metode Talaqi Dalam Meningkatakan Kemampuan Menghafal Alquran Anak Usia Dini, Jakarta: Pratama, 2012.
Darwan Syah, Dkk Pengantar Statistic Pendidikan
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, Kualitatif dan Kuantitaf, Jakarta: Gaung Praseda Press, 2009.
Lexy J. Moeleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Mohammad Asrori, Psikologi Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2009.
Misbahul Munir, Ilmu Dan Sebi Qira’atil Quran, Pedoman Bagi Qori-Qori Hafidh Hafidhah Dan Hakim dalam MRQ Semarang: Binawan, 2015.
Novida Balqis Fitria Alfianti, Skripsi Starategi Menghafal Alquran Juz 30 Bagi Anak Usia Dini Ditaman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) An-Nahal Kec.Taman Kab. Sidoarjo.
Riski jamiah dan Edy Surya, Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Metode Math Magic Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok, Vol. 5, No.2, Juli desember, 2016.
Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta : Rajagrafindo Persada, 2013.
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Sugioyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2008.
Suprijono, Cooperative Learning, Jakarta: Pustaka Belajar, 2013.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafida, 2009.
Wowo Sunaryo Kuswana, Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berfikir, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2012.
Nirmala, I., Astuti, R., & Munir, M. (2024). Mengajar dengan Cerita: Pendekatan Berbasis Narasi dalam Pendidikan Pra-Sekolah yang Menyenangkan dan Ramah Anak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 457-467.
Ferianto, F., Suryana, S., Munafiah, N. U., & Aulia, A. (2023). WORKSHOP PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PESERTA DIDIK MODEL ADDIE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU TINGKAT SEKOLAH DASAR DI DESA PASIRJAYA KECAMATAN CILAMAYA KABUPATEN KARAWANG. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10241-10247.
Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.
Alfarisi, S., & Darmiyanti, A. (2023). Integration of Multicultural Educational Values in Islamic Elementary School North Cikarang, Bekasi, West Java. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 245-262.