Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Gerak Koordinasi Mata dan Tangan Anak Usia 5-6 Tahun

Penulis

  • Dede Mariyah Ulfah STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Amalia Uswatun Hasanah STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Nur Rochimah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/murangkalih.v4i02.8058

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media busy book terhadap gerak koordinasi mata dan tangan anak usia 5-6 tahun pada siswa TK Kasih Sayang Ibu Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, penelitian ini dilakukan dengan membandingkan dua sampel kelas yaitu kelompok B2 yang terdiri dari 14 orang sebagai kelas atau kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan media busy book, dengan kelas atau kelompok B1 yang terdiri dari 18 siswa sebagai kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan dengan busy book. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara bereksperimen di dalam kelas dengan menggunakan RPP dan juga tes unjuk kerja pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka didapatkan  Thitung sebesar 7,15 dan Ttabel sebesar 2,04, dengan kata lain bahwa Thitung (7,15) > Ttabel (2,04) maka dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media busy book terhadap perkembangan motorik halus gerak koordinasi mata dan tangan anak usia 5-6 tahun di TK kasih sayang ibu.

Kata Kunci: busy book, gerak koordinasi mata dan tangan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Estrie Dwi, P. 2016. Koordinasi Mata Tangan dan Kaki Siswatunagrahita Kelas Atas SLB Negeri 1 Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Fida Etrika, N (2017). Identifikasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Gugus III Kecamatan Piyungan Bantul. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Fitriyah Qonitah Faizatul, dkk., 2020. Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6 Issue 2 (2022). DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.789

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. “Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini”. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2015.

Mufliharsi Risa, 2017. Pemanfaatan Busy Book Pada Kosa kata Anak Usia Dini Di Paud Swadaya Pkk. Universitas Indraprasta PGRI. Volume V Nomor 2. ISSN 2338-0306

Pangesti Nova Putri, dkk., (2019 Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Busy Book. Kumara Cendekia Vol. 7 No. 4.

Sue Bredekamp, Carol Copple. (2014). Praktik Pengembangan yang Tepat dalam Program-Program Pendidikan Anak Usia Dini.

Tasnila, 2012. Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Mata dan Tangan pada Anak Tunagrahita Sedang. E-Jupekhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus). Vol.1/1. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu. E-ISSN: 2622-5077

Utomo Islamiah Arta, dkk (2018). Penerapan Strategi Bermain melalui Media Busy Book untuk Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 12.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Mariyah Ulfah, D., Uswatun Hasanah, A., & Rochimah, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Gerak Koordinasi Mata dan Tangan Anak Usia 5-6 Tahun. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 75–84. https://doi.org/10.35706/murangkalih.v4i02.8058