ARAH BARU KEPEMIMPINAN ORGANISASI MASYARAKAT PERGURUAN ISLAM MATHLA’UL ANWAR DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstract
Pendidikan 4.0 adalah fenomena yang merespon kebutuhan munculnya revolusi industri keempat dimana manusia dan mesin diselaraskan untuk mendapatkan solusi, memecahkan masalah dan tentu saja menemukan kemungkinan inovasi baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menjadikan Organisasi Kemasyarakatan Perguruan Islam Mathla’ul Anwar sebagai objek telaah penelitian. Hasilnya adalah bahwa kepimpinan yang mampu bertahan di era revolusi industri 4.0 adalah pemimpin yang memiliki kapasistas serta kompetensi The posission of new mindset, The acquisition of new leadership competencies, The acquisition of new knowledge, The acquisition of technology literacy, The acquisition 21 st soft skill.Downloads
References
Affandi, M. Faqih (2012). Pola Kempimpinan Kiyai dalam Pendidikan Pesantren
Jurnal Pendidikan Universitas Garut. (06)01. 20-30.
Creswell, Jhon. W. (2012). Educational Reseach : Planing, Conducting, and
Evaluating quantitative and qualitative reseacrh. Person Education, Inc.
Gaffar, Mohammad Fakry. (2018). In The 2nd International Conference on Research
of Educational Administration and Management.
Guba, E.G & Lincoln Y.S. (1994). Effektif Evaluation. Improving The Usefulness Of
Evaluations Result Through Responsive And Naturalistic Approaches. Jassey-
Bass Inc. Publisher.
Robbins, P., Stephen (2006). Organizational Behavior, Tenth Edition. New Jersey :
Person Education, Inc.
Tukiman. Supriadi. Hardi Sujaie. (2013). “Perubahan Pola Kepemimpinan Pesantren
Darul Hidayah Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya”. Jurnal Tesis
PMIS-UNTAN. 1-10
Wahid, Abdurrahman. (2001). Menggerakkan Tradisi Esai-esai Pesantren.
Yogyakarta: LKIS.