INOVASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH DALAM MENGHADAPI ERA MILENIAL

Authors

  • Acep Nurlaeli Fakultas Agama Islam Unsika

Abstract

Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di madrasah (MI,MTS,MA) saat ini masih memberi kesan terpisah diantara masing-masing mata pelajaran baik Quran Hadist, Fiqih, Aqidah, dan Sejarah Kebudayaan Islam, belum ada keterpaduan yang utuh terintegrasi pada tema substantif. Keterpaduan inilah yang dapat mengoptimalkan pengamalan dan pengalaman kehidupan beragama peserta didik sebagai tujuan pembelakaran, karena mereka merasa mendapat dukungan yang utuh dari berbagai sisi peraturan agama dalam melaksanakan suatu kegiatan ibadah. Pengembangan kurikulum PAI di madrasah masih menghadapi berbagai masalah disebabkan oleh kompleksitas lembaga madrasah mulai dari perbedaan status kepemilikan madrasah,lingkungan madrasah dan guru di madrasah. Guru madrasah wajib menginovasi kurikulum menghadapi perubahan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ditambah isu-isu yang berkembang di era milenial. Masalahnya adalah bagaimana inovasi tersebut dilaksanakan guru PAI di madrasah ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi dan pengembangan kurikulum PAI di madrasah menghadapi era milenial. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Data-data yang di peroleh berasal dari beberapa regulasi, buku dan jurnal. Pendekatan kualitatif dipilih untuk mengetahui inovasi pengembangan kurikulum untuk meningkatkan mutu madrasah di era milenial sebagai sekolah berciri khas agama Islam. Hasil penelitian pustaka menunjukkan bahwa konstruksi kurikulum PAI di madrasah masih menitikberatkan pada Subject Centered Design, yang berfokus pada mata pelajaran terpisah. Faktor penentu yang paling dominan adalah guru dan sarana prasarana. Model konstruksi kurikulum terletak pada esensi dan kedalaman materi, maka Collaborrative Curriculum Madrasah’s menjadi pilihan inovasi kurikulum PAI Madrasah yang dinilai ideal dapat diterapkan di era milenial dengan pola pembelajaran terpadu dari mata pelajaran PAI di madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-06-30

How to Cite

Nurlaeli, A. . (2020). INOVASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH DALAM MENGHADAPI ERA MILENIAL. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 4(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/pendidikan/article/view/4332