PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KEBIASAAN IBADAH SHALAT PESERTA DIDIK DI SDIT AL ISTIQOMAH DAN MIS AL-‘IANAH KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v6i01.4339Abstract
Karakter bisa diartikan bagaimana mengaplikasikan atau mengukir nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, sehingga orang yang tidak jujur, kejam, rakus, dan berperilaku jelek dikatakan orang berkarakter jelek. Sebaliknya, orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut orang berkarakter mulia. Dalam menumbuhkan pendidikan karakter, perlu adanya kesadaran dari berbagai pihak untuk memulai dan menjadi pembiasaan. Pendidikan berperan kuat dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian mengenai penerapan pendidikan karakter dalam meningkatkan ibadah shalat. Ini difokuskan pada nilai-nilai pendidikan karakter dalam meningkatkan ibadah shalat. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dalam meningkatkan ibadah shalat peserta didik di SDIT Al–Istiqomah dan MI Al–I‟anah Kabupaten Karawang. Berkaitan dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan pada nilai – nilai pendidikan karakter dalam meningkatkan ibadah shalat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter dalam meningkatkan ibadah shalat. Sumber data dalam penelitian ini adalah SDIT Al-Istiqomah dan MI Al-I‟anah. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data
Downloads
References
Amirudin. (2016). Pembinaan Perilaku Seksual Remaja dalam Persfektif Imam
Al Ghazali. Bandung: Multi Kreasindo.
Amirudin. (2018). Pendidikan Seksual pada Anak dalam Hukum Islam. Jurnal
Wahana Karya Ilmiah_ Pascasarjana (S2) PAI Unsika, 1(1), 14–25.
Amirudin, A., & Mukarom, Z. (2019). Pendidikan Karakter dalam Kaulinan
Budak Baheula: Studi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Permainan Anak
Tradisional Sorodot Gaplok Dari Jawa Barat. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar
Islam, 10(2), 211–228. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.160
Andri Budianto, Amirudin, I. A. M. (2020). Peranan Pendidikan Agama Islam
dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial dan Intelektual
Siswa Di SMP Islam Telukjambe Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten
Kartawang. Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika, 4(1), 487–
Daradjat, Zahkiah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta, PT Bulan Bintang, 2010.
Djamas, Nurhayati, Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan
Praktik Implementasi, Yogyakarta, PUSTAKA PELAJAR, 2016.
Rifa‟I, Moh, Risalah Tuntunan Shalat Lengkap, Semarang, PT KARYA
TOHA PUTRA, 2013.
UU Republik Indonesia No. 20 Tahun tentang Sistem Pendidikan Nasional,
Muslich Mansur, Pendidikan Karakter, Jakarta, PT Bumi Aksara, 2016.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung,
Alfabeta, 2015
Suniati, Amirudin, I. A. M. (2019). Implementasi Penerapan Metode Tutor
Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al Qur‟an di SMAN 1 Klari
dan SMAN 2 Klari Karawang. Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI
Unsika, 3(2), 603–612
Bachruddin, R., & Darmiyanti, A. (2023). Pembinaan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Pada Peserta Didik Di SDN Pasirkamuniung I. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 111-120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Wahana Karya Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka