PENDIDIKAN KELUARGA DI ERA MODERN DALAM KONTEK LONG LIFE EDUCATION BERDASARKAN AL-QUR’AN SURAT LUQMAN
Abstract
ABSTRAK
Salah satu surat dalam al-Qur’an yang sering dijadikan dasar dalam pendidikan anak adalah Q.S. Luqman. Meskipun Luqman bukan seorang nabi namun Allah SW memuliakannya dengan meletakkan namanya pada salah satu surat dalam Al-Qur’an. Melalui nasehat-nasehatnya (ayat 12-19) Luqman mendidik anaknya melalui pesan-pesan tentang keimanan, akhlak, ibadah sosial, dan ilmu pengetahuan.
Secara implisit, Q.S. Luqman ini memperlihatkan peran keluarga, dalam hal ini orangtua, sangat berperan besar dan memegang peranan penting dalam pendidikan anak. Di dalam keluarga, anak mengenyam sekolah dalam pengertian non formal untuk pertama kalinya, sehingga anak menyerap nilai-nilai kehidupan dalam beragam perspektifnya. Menurut Zuhairini, di dalam keluarga anak menerima bimbingan keterampilan dari orang tua dan juga dari anggota keluarga yang lain.
Peran orang tua seperti ini sangat membantu anak dalam memasuki kehidupan yang fungsional sebagai Muslim yang dewasa dan sebagai anggota yang aktif dalam komunitas Islam. Apabila anak menampakkan tanda-tanda sikap yang negatif terhadap Islam yang disebabkan oleh pengaruh dari sekolah atau masyarakat atau karena kecerobohan dan kelengahan orang tua, maka hal ini akan mengakibatkan penolakan anak terhadap hidup Islami dan akan gagal berintegrasi dengan komunitas Islam.
Oleh karena itu adalah tugas orang tua, khususnya dan utamanya, untuk mengatur strategi yang tepat dalam rangka membantu proses pembentukan pribadi anak khususnya dalam periode developmental task tersebut.
Kata Kunci : Pendidikan Anak; Peran Orang Tua; developmental task
Downloads
References
Abdul Ghani Abud (2001). Anakmu Anugerah Terindah, Mengenal Psikologi Anak. Bandung: Najma Publishing.
Abin Syamsuddin (2000), Psikologi Kependudukan Perangkat Sistem dan Pengajaran Modul, Bandung : Rosda Karya.
Abu Ja’far Muhammad bin Jarir ar-Tabari, Jami’ al-Bayan an Ta’wil Ayat Al-Qur’an Juz I, (Beirut: Maqalah ad-Din, t.th.), hal, 580.
AbuAbdillah Muhammad al-Qurtubi, al-Jami' li Ahkam al -Qur'an, juz 18, (Kairo: Dar al-Kitab).
Abudin Nata, (2001). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Al-Alusi, Tafsir Ruh al-Ma’ani, Juz 6, (Beirut: Dar al-Ma’arif, t.th.), hal. 419.
Al-Baihaqi, Syu’b al-Iman li al-Baihaqi, Juz 18, (Beirut: Dar al-Ma’arif, t.th), hal. 181.
Ali al-Jumbulati Abdul Futuh al-Thwaisi, (1994). Perbandingan Pendidikan Islam. Jakarta : Rineka Cipta
Ali as-Sayyis, Tafsir Ayat al-Ahkam, Juz 2, (Mesir: Math’baah Muhammad Ali Sabih, t.th), hal. 21.
Ary Ginanjar Agustian (2002), Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ) Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Jakarta: Penerbit Arga.
As Syaibany (1975). Falsafah Pendidikan Isl?m. Jakarta: Bulan Bintang.
Bachtiar Surin (1978). Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an, Juz I, Bandung: Penerbit Fa Sumatra.
Bredekamp & Copple, (1997). Principal components and concepts of developmentally appropriate practice (DAP). Bredekamp & Rosegrant.
Buchari, Imam Shaheh Buchari, Thahah Putra, Semarang,TT, hal. 24.
Chosyah dan A. Samsuri (1993), Sekilas tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Remaja, Surakarta: FKIP UNS.
Conny Semiawan, dkk (2009). Pengenalan dan Pengembangan Bakat Sejak Dini, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Dimyati Mahmud. (1989). Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Terapan. Yogyakarta: BPFE.
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji Depag RI (2002), Modul Pendidikan Agama dalam Keluarga, Jakarta: Depag RI.
El-Harakah edisi 58, tahun XXIII, Oktober-November, 2002, hal. 24.
Fakhir Aqil, ‘Ibn an-Nafs at-Tarbawi, (Beirut: Dar al-Ma’arif, t.t.).
Fatiyah Hasan Sulaiman, ted. H. S. Agil Husin al-Munawar dan Hadri Hasan, (1993). Kamus Pendidikan Pengajaran dan Umum. Jakarta : Renika Cipta.
H. Ramyulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia.
Haidar Putra Daulay (2013). Pemberdayaan Pendidikan Islam Di Indonesia, Jakarta: Penerbit Kencana.
Haidar Putra Daulay, (2009). Pemberdayaan Pendidikan Islam Di Indonesia Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan Langgulung (1995), Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi, Filsafat, dan Pendidikan, Jakarta: al-Husna Zikra.
HM. Darwis Hude, et.al. (2000), Cakrawala Ilmu dalam Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Firdaus.
HR. Imam Ahmad dalam Musnad-nya (4494)
HR. Muslim (313) dan At-Tirmidzi (51) Al-Albani berkata,” Shahih”
http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2035426-pengertian-konsep/#ixzz2 J9 hnUyGk
Ibn Katsir, juz 8, hal. 152-153.
Ibn Majah, Sunan Ibn Majah, Hadist Nomor 3661, Juz 11, (Beirut: Dar al-Ma’arif, t.th) hal. 64.
Ibnu Majah, Sunan Ibn Majah, Hadist Nomor 1415, Juz 4, (Beirut: Dar al-Ma’arif, t.th.), hal, 349.
Jamaal Abdul Rahman (2008).Tahapan Mendidik Anak, Teladan Rasulullah. Bandung: Irsyad Baitus Salam.
Jamal Abdurrahman (2002), Tumbuh di bawah Naungan Ilahi, terj. Ghazali Mukri, Yogyakarta: Media Hidayah.
Ki Hajar Dewantara, (1962). Elaborasi Pemikran KH Dewantara tentang Pendidikan Islam. Yogyakarta : Taman Siswa.
Lutfi Atus Solihah (2007), Panduan Lengkap Hamil Sehat, Yogyakarta: Diva Press.
Marimba, Ahmad D. (1962). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma'arif.
Miftah Faridl. (1995). Pokok-pokok Ajaran Islam, Bandung: Penerbit Pustaka.
Muhammad Nur (1987). Muhtarul Hadis, Surabaya: Pt. Bina Ilmu.
Muhammad Athiyyah al-Abrasyi, (1975). al-Islamiyah wa Falaisatuha, Kairo: Isa al-Babi al-Halabi.
Muhammad Fuad Abdul Baqi (1997) https://en.wikipedia.org/wiki.
Muhammad Khalil Itani (2007), Wasiat Rasul Buat Lelaki, Solo :Aqwam Jembatan Ilmu.
Muhammad Taqi falsafi, ath-Thift baina al-Wir’atsah wa at-Tarbiyah I, (Beirut: Dar al-‘Ilm, t.t), hal. 106.
Muharnamd Munir Mursyi, (1980). At-Tarbiyah Islamiyah, Alim Kutub, Cairo.
Musthafa Al-Maraghi. ( Tafsir Al-Maraghi, Bairut: Dar Fikr, tt, juz ke-1, hal. 30.
Ngalim Purwanto (1988), Ilmu Pendidikan: Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Karya.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah (2003). Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Vol. 2, (Jakarta: Lentera Hati: 2003), hal. 336-337.
Rama Yulis (2001), Pendidikan Islam dan Rumah Tangga, Jakarta: Kalam Mulia.
Rasyid Ridha, Tafsir al-Manar, juz 4, (Beirut: Dar al-Fikr, t.th.), hal. 298.
Sardiman AM (1986), Interkasi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Renika Cipta.
Sikun Pribadi (1987). Mutiara-Mutiara Pendidikan, Jakarta: Erlangga.
Sikun Pribadi dan Subowo (1981), Menuju Keluarga Bijaksana, Jakarta: Renika Cipta.
Soegarda Poerbakawatja, (1970). Pendidikan dalam Alam Indonesia Merdeka. Jakarta : Gunung Agung
Soekidjo Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Syed Mahmudunnasir. (1994). Islam, Konsepsi dan Sejarahnya, Bandung: Rosdakarya.
Tafsir, Ahmad. (1994). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Toto Suryana, Dkk. (1996), Pendidikan Agama Islam, Bandung : Tiga Mutiara.
Yunahar Ilyas (2009), Kuliah Akhlaq, Yogyakarta : LPPI UMY.
Zahara Idris (1987). Pengantar Pendidikan I, Jakarta: Grasindo.
Zakiyah Daradjat (1989), Perawatan Jiwa untuk Anak-anak, (Jakarta: Bulan Bintang.