Tadabur Al-Qur'an Sebagai Upaya Literasi Beragama di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.8998Abstract
Selain mempunyai banyak nama, Al-Qur’an adalah pedoman hidup pertama bagi ummat Islam selain sunnah Rasulullah SAW dan ijtihadnya para ulama. Untuk menjadikannya sebuah pedoman dan penuntun hidup, maka sudah selayaknya ummat Islam memahami isinya bukan hanya sebatas membaca dan dilombakan. Dalam Al-Qur’an, selain istilah tafsir terdapat istilah tadabbur yang belum banyak dikaji dan diamalkan. Maka dalam penelitian ini akan berusaha diungkap 1) Apa yang dimasksud dengan tadabbur Al-Qur’an?, 2) Bagaimana hubungan antara tadabbur Al-Qur’an dengan literasi beragama?, dan 3) Bagaimana menerapkan literasi beragama di era digital?. Dengan menggunakan metode studi pustaka, penulis berusaha menggali jawaban dari tiga pertanyaan tersebut dari referensi-referensi berupa kajian tafsir, pendapat para ahli dan artikel-artikel jurnal ilmiah yang relevan dengan fokus penelitian ini. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa Tadabbur Al-Qur’an merupakan sebuah upaya literasi beragama dimulai dari membaca, menyatukan pikiran dan hati, serta mengamalkan sikap amanah, profesional, dan proporsional agar terhindar dari dampak era digital berupa Disruption VUCA, dan Nomophobia.
Kata Kunci : Tadabbur Al-Qur’an; Literasi Beragama; Era Digital
Downloads
References
Agustin, S. (2022). Ciri-Ciri Kecanduan Gadget dan Tips Menanggulanginya - Alodokter. Alodokter.Com. https://www.alodokter.com/ini-ciri-ciri-kecanduan-gadget-dan-tips-menanggulanginya
Al-Sheikh, A. bin M. bin A. bin I. (2005). Tafsir Ibnu Katsir (A. Ghoffar, A. Mu’thi, A. I. Al-Atsari, & M. Y. Harun (eds.)). Pustaka Imam Syafi’i.
Asy-Syaukani, M. ibn A. ibn M. (n.d.). Tafsir Fathul Qadir (S. Ibrahim (ed.)). Pustaka Azzam.
Asyafah, A. (2014). Konsep Tadabur Al-Qur’an (2nd ed.). CV. Maulana Media Grafika.
Asyafah, A. (2016). Metode Tadabur Qurani Dalam Pembelajaran PAI. CV. Maulana Media Grafika.
Ath-Thabari, A. J. M. bin J. (2009). Tafsir Ath-Thabari (A. Somad & A. Supandi (eds.)). Pustaka Azzam.
Az-Zuhaili, W. (2013). Tafsir Al-Munir (A. H. Al-Kattani (ed.); 1st ed.). Gema Insani Press.
Cahyadi, N., & Agus Hidayat, C. (2018). Phubbing Smombie dan Nomophobia. Https://Disdik.Purwakartakab.Go.Id/. https://disdik.purwakartakab.go.id/phubbing-smombie-dan-nomophobia?/phubbing-smombie-dan-nomophobia
Candra Syahputra, M., & Puspo Rini, D. (2021). INTERNALISASI PAHAM KESALEHAN DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA CYBERCULTURE. Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 5(2), 33–41. https://doi.org/10.24235/OASIS.V5I2.7859
Hamka. (1982). Tafsir Al-Azhar. Pustaka Nasional PTE LTD.
Hardianti, F., Kuswarno, E., & Sjafirah, N. A. (2019). NOMOPHOBIA DALAM PERSPEKTIF MEDIA, BUDAYA DAN TEKNOLOGI. EDUTECH, 18(2), 187–204. https://doi.org/10.17509/E.V18I2.17134
Hermawan, I., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2020). Konsep Amanah dalam Perspektif Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 141–152. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.389
Ihsan, H. K., Ferdiansyah, D. S., & Yani, M. (2021). PERUBAHAN SOSIAL DAN TRADISI PHUBBING: TELAAH PERILAKU KOMUNIKASI MASYARAKAT DIGITAL DI KELURAHAN SURYAWANGI, LOMBOK TIMUR. KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 13(2), 133–146. https://doi.org/10.20414/JURKOM.V13I2.4419
Kadi, T. (2020). Literasi Agama dalam Memperkuat Pendidikan Multikulturalisme di Perguruan Tinggi. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 04(01), 81–91. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v4i1212
Mansoer, M. (2008). Perilaku Keberagamaan Remaja Kasus Pada Siswa SLTA Di Kota Jakarta Selatan, Kabupaten Sukabumi Dan Kabupaten Lebak. Institut Pertanian Bogor.
Muyana, S., & Widyastuti, D. A. (2017). NOMOPHOBIA (NO-MOBILE PHONE PHOBIA) PENYAKIT REMAJA MASA KINI. Http://Seminar.Uad.Ac.Id/. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snbkuad/article/view/84
Nimah, S., & Hamzah, A. (2019). Perspektif Al-Qur’an Tentang Tadabbur. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(1), 58–71. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v4i1.61
Nur Qowim, A. (2018). Tafsir Tarbawi: Tinjauan Al-Quran Tentang Term Kecerdasan. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 114–136. https://doi.org/10.37542/iq.v1i01.10
Parker, S. (2020). Religious literacy: spaces of teaching and learning about religion and belief. Https://Doi.Org/10.1080/13617672.2020.1750243, 41(2), 129–131. https://doi.org/10.1080/13617672.2020.1750243
Rahendra Maya, A. A. (2017). Perspektif Al-Qur’an Tentang Konsep Al-Tadabbur. Al - Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(01). https://doi.org/10.30868/AT.V1I01.166
Rozy, F. (2019). Kitab Tadabbur Al-Qur’an Karya Bachtiar Nasir dalam Perspektif Epistemologi. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 20(1), 24. https://doi.org/10.14421/qh.2019.2001-02
Safrawali. (2021). Belajar Agama Islam di Era Digital: Fenomena Akses Informasi Keagamaan Melalui Media Sosial. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 692–690. https://doi.org/10.22437/JSSH.V5I1.15410
Shihab, M. Q. (2008). Tafsir al-Mishbah; Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Quran. In 4. Lentera Hati.
Syakir, S. A. M., & Syakir, S. M. M. (2007). Tafsir Ath-Thabari (A. A. Al-Bakri, M. A. Muhammad, M. A. L. Khalaf, & M. M. Abdul Hamid (eds.)). Pustaka Azzam.
Universitas Islam Indonesia. (2018). Seminar Moderasi Islam: Memaknai dan Membumikan Konsep Ulil Albab. UII.AC.ID. https://www.uii.ac.id/membumikan-konsep-ulul-albab/
Warson, M. A. (1997). Kamus Al-Munawir Arab-Indonesia Terlengkap. Pustaka Progresif.
Zhuang, Y., & Fang, Z. (2020). Smartphone Zombie Context Awareness at Crossroads: A Multi-Source Information Fusion Approach. IEEE Access, 8, 101963–101977. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2998129
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Iwan Hermawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka