Instrumen Penilaian Sikap Sosial untuk Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.9366Abstract
Peningkatan kualitas layanan pendidikan merupakan salah satu agenda prioritas pembangunan pendidikan nasional tahun 2015-2019 sebagaimana telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019. Di samping tersedianya kurikulum yang handal, salah satu aspek terpenting dalam upaya penjaminan kualitas layanan pendidikan adalah melalui penyediaan sistem penilaian yang komprehensif sesuai dendan syandar nasional pendidikan yang telah ditetapkan.
Dalam hal penilaian, salah satu aspek yang dinilai dari peserta didik ialah penilaian sikap sosial. Penilaian sikap sosial dilakukan untuk mengetahui perkembangan sikap sosial siswa dalam menghargai, menghayati, dan berperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
Teknik yang digunakan dalam pembuatan instrumen penilaian sikap ini ialah menggunakan teknik observasi, penilaian diri atau menilai diri sendiri, dan penilaian antar teman. Dari masing-masing tekink dibuat instrumen penilaian sikapnya yang berisi in dikator, penilaian sikap, skala penilaian, dan tara-rata nilai sikap yang mencakup sikap jujur, sikap percaya diri, sikap toleransi, sikap gotong royong, sikap disiplin, sikap tanggung jawab, dan sikap sopan santun.
Kata kunci: instrumen penilaian, sikap sosial, SMK
Downloads
References
Arifudin, Y. F., Rukajat, A., & Makbul, M. (2023). Implementation of Learning to Read and Write the Qur'an in Improving the Ability to Read the Qur'an in Madrasah Taklimiyah Awwaliyah Miftahul Huda Karawang Students. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1 Januari), 110-120.
Asmamatin, R., & Ferianto, F. (2023). Islamic Civilization, Periodization, And Development In Indonesia And Spain And Their Effect On Western Civilization: A Historical Review. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1149-1157.
Basuki, Ismet, Asesmen Pembelajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2014.
Darmawan, D., & Makbul, M. (2022). Peran Walisongo Dalam Mengislamkan Tanah Jawa: Perkembangan Islam Di Tanah Jawa. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).
Farida, N. A., & Makbul, M. (2022). Studi-studi tentang Al-Qur’an dalam Konteks Keindonesiaan menurut Pandangan Howard Federspiel. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 3(2).
Idi, Abdullah, Sosiologi Pendidikan (Individu, Masyarakat, dan Pendidikan), Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2011.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan, Panduan Penilaian Hasil Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta :Kemendikbud, 2017.
Makbul, M., Farida, N. A., & Rukajat, A. (2022). Peserta Didik dalam Pandangan Teori Empirisme, Naturalisme, Konvergensi Naturalisme dan Tinjauan Pendidikan Islam. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 3(2).
Permatasari, N. D., Darmiyanti, A., & Ferianto, F. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Mts Nurul Falah Al-Huda. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 110-118.
Rohmah, F. A., Darmiyanti, A., & Ferianto, F. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan (Studi Kasus Di Sd Negeri Purwamekar Ii Karawang). Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 140-154.
Rukajat, A., & Makbul, M. (2022). Upaya Tenaga Pendidik Dalam Mempersiapkan Pembelajaran Profesional Pendidikan Anak Usia Dini Di RA Al-Furqaan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 241-251.
Tawab, M., & Nurlaeli, A. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim Karya Kh. Hasyim Asy'ari Dan Implementasinya Dalam Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Cikarang Selatan. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(01).
Wikrama, M. F., & Ferianto, F. (2022). Meneladani Kisah Seorang Muadzin Pertama, Bilal Bin Rabbah. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).
Zaki, A. A., & Munafiah, N. U. (2022). Psikologi Perkembangan Peserta Didik Dalam Perspektif Islam. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nia Karnia, Nurhasan Nurhasan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka