Pengelolaan Kelas pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Kholidiyah Teluk Jambe
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v7i02.9390Abstract
Penelitian ini bertolak dari adanya masalah dalam pengelolaan kelas di SMA Al-Kholidiyah Teluk Jambe seperti ada anak yang tidur pas jam pelajaran, memainkan HandPhone pada saat jam pelajaran, dan kondisi ruangan kelas yang sangat panas, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Kholidiyah Teluk Jambe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif, subjek penelitian guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan metode analisis data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1. Perencanaan pengelolaan kelas ada beberapa yaitu mempersiapkan peraturan kelas, mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan menyiapkan absen, buku penilaian siswa, dan buku LKS siswa, 2. Pelaksanaan pengelolaan kelas bersifat fisik dimana ruang kelas tempat berlangsungnya pembelajaran sudah luas dan besar akan tetapi ruangan yang panas disebabkan oleh plafon terlalu rendah, pengaturan tenpat duduk berbaris berjajar, ventilasi dan pencahayaan yang sudah cukup. Pengelolaan bersifat non fisik tipe kepemimpinan guru , sikap guru dalam menghadapi siswa yang melanggar yaitu sabar, memberikan teguran dan memberikan nasihat agar tidak melanggar lagi. Suaru guru PAI juga sudah jelas terdengar. 3. Usaha pencegahan dalam mengatasi masalah pengelolaan kelas yaitu menunjukan sikap tanggap, memperhatikan semua siswa, dan menegur apabila ada yang melanggar, 4. Usaha penyembuhan dalam mengatasi masalah pengelolaan kelas yaitu menegur, memberi nasihat, dan memberi hukuman.
Downloads
References
Aslamiah, Diani Ayu Pratiwi, Akhmad Riandy Agusta. ( 2022 ). Pengelolaan Kelas. Depok : PT RajaGrafindo Persada
Dahlan, U. A., Tempat, D., & Dahlan, U. A. (2022). Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam. 6(0274), 144.
Los, U. M. D. E. C. D. E. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 1–4.
Muhajir,Ahmad, & Ferianto. (2023). Pelaksanaan Pengelolaan Iklim Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Duren Iv Karawang. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman Vol.10 No.4
Wini. (2020). Peran Guru, Menangani Pelanggaran, Disiplin siswa. Asatidza: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–17.
Riandini, T., Sari, S. F., & Saputra, A. A. (2023). KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 31–41. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.9227
Putri, J., & Ferianto, F. (2023). KEMAJUAN PERADABAN ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 42–54. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.9241
Hermawan, I. (2023). Tadabur Al-Qur’an Sebagai Upaya Literasi Beragama di Era Digital. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 1–11. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.8998
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nina Erma Januarsih, Nurlela Nurlela, Selawati Selawati, Rizal syaefi abdurahman Syaefi Abdurahman, Nia Karnia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka