Analisis Framing Pemberitaan “Reuni Akbar 212” (Analisis Framing Model Robert N Entman Media Online kompas.com dengan republika.co.id Edisi 26 November 2017 – 9 Desember 2017)
DOI:
https://doi.org/10.35706/jpi.v3i2.1657Abstract
Isi berita merupakan hasil konstruksi wartawan atau reporter tentang suatu peristiwa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi konsruksi wartawan terhadap peristiwa adalah ideologi media serta ekonomi politik media. Penelitian ini menggunakan analisis framing model Robert N Entman. Model ini memiliki empat elemen sebagai perangkat framing Define Problem (Pendefinisian masalah), Diagnose causes (Memperkirakan masalah atau sumber masalah), Make moral judgement (Membuat keputusan moral), dan Treatment recommendation (Menekankan penyelesaian). Hasil penelitian ini bahwa framing peristiwa Reuni Akbar 212 yang dilakukan pada media online Kompas.com dengan Republika.co.id terpengaruh oleh perbedaan ideologi kedua media tersebut, masing-masing media online sama-sama menggunakan ideologi masing-masing dalam memberitakan peristiwa Reuni Akbar 212.
Kata kunci: framing, media online, ideologi media