Indeks Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Terpadu Kecamatan di Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang
DOI:
https://doi.org/10.35706/jpi.v4i2.3244Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji indeks kepuasan masyarakat di Kecamatan Telukjambe Timur berdasarkan pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 Tahun 2010. PATEN adalah salah satu inovasi pelayanan administrasi yang dilakukan dengan mengubah pola pikir aparatur kecamatan dan kelurahan untuk lebih efektif dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Pelaksanaan PATEN yang dilaksanakan di Kecamatan Telukjambe Timur masih belum sempurna karena masih menghadapi hambatan yang cukup siginifikan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, analisis data kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui interview dengan checklist , observasi dan studi dokumentasi. Pelaksanaan Pelayanan Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang diarahkan pada tingkat kepuasan pelayanan PATEN yang dilaksanakan oleh Kecamatan Telukjambe Timur berdasarkan analisis Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : Kep/25/M.PAN/2/2004 pada umumnya dinilai baik, namun masih kurang baik dalam unsur prosedur pelayanan sebesar 2,43 dalam kriteria kurang baik, persyaratan pelayanan sebesar 2,35 dalam kriteria kurang baik dan kejelasan petugas sebesar 2,42 dalam kriteria kurang baik.
Kata Kunci: Pelaksanaan Pelayanan Terpadu Kecamatan, Kepuasan Masyarakat