KUALITAS PELAYANAN HAJI OLEH KELOMPOK BIMBINGAN MANASIK HAJI (KBIH) ANNIHAYAH KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/jpi.v2i1.937Abstract
ABSTRAK
Sejalan dengan kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang berkualitas dari
Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) khususnya KBIH Annihayah Karawang, maka
sebagai pelayan publik yang mendapat kepercayaan dari masyarakat, KBIH Annihayah
harus senantiasa mengacu pada kepuasan masyarakat yang merupakan tujuan pokok
dalam pemberian pelayanan. Oleh karenanya perlu adanya analisis mengenai faktorfaktor
yang mempengaruhi kulaitas pelayanan publik pada pegawai KBIH Annihayah.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan
haji oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Annihayah Karawang. Penelitian ini
dilakukan di KBIH Annihayah Karawang dengan menggunakan metode deskriptif –
kualitatif, dimana penulis berusaha memberikan gambaran, memaparkan dan
menginterpretasikan tentang objek yang diteliti secara sistematis. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan
teknik penentuan informannya dengan menggunkan teknik purposive sampling, yaitu
pimpinan KBIH Annihayah, para pegawai dan para jamaah haji.
Bersadarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara umum kulitas
pelayanan haji yang diberikan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH)
Annihayah Karawang sudah dapat terlaksana dengan baik, dengan menjalankan faktorfaktor
terlaksananya kualitas pelayanan yang baik, yaitu : Tangibles (bukti langsung),
Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (kepastian), dan
Empathy (empati). Walaupun demikian perlu adanya penambahan pegawai sehingga
dapat memberikan pelayanan yang maksimal, cepat dan tepat.