ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Penulis

  • Devina Dewi Dermawanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Pada penelitianini memilikitujuan untuk mengetahui bagaimana siswa SMP memahamikonsep matematika. Peneliti mengambil populasi dari siswa kelas VIII SMPIT Abdan Syakuro Lampu Iman tahun ajaran 2023/2024. Subjek padapenelitian ini yaitu 25 siswaakelas VIII. Pengumpulan data diperoleh instrument tes berupa tes tulis untuk mengukur pemahaman siswa mengenai konsep matematika dan observasi non-tes untuk memantau kemampuan mereka dalam menerapkan konsep-konsep tersebut saat memecahkan permasalahan matematika. Peneliti memperoleh hasil penelitian yang menunjukkannbahwa siswadengan kemampuantinggi, sedangdan rendah unggul dalam menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan sifat-sifat tertentu, memberikan contoh dan contoh noncontoh dari konsep tersebut. Selain itu, hanya siswa berkemampuan tinggi yang mencapai hasil yang baik dalammenyajikan konsepdalam berbagai bentuk representasi matematika. Siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah menunjukkan perkembangan yang memadai dalam hal syarat perlu atau syaratcukup suatu konsep. Dalam hal menerapkan konsepatau algoritma pemecahannmasalah, hanya siswa berkemampuan tinggi dan sedang yang menunjukkan kompetensi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-08

Cara Mengutip

Dermawanti, D. D., & Marlina, R. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Prosiding Sesiomadika, 5(4), 696–707. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10253

Terbitan

Bagian

Artikel