Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Pendekatan Metakognitif Siswa

Penulis

  • Hamelia Puspita Sari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rikayanti Rikayanti Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir siswa ditinjau dalam konteks pendekatan metakognitif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan berupa soal uraian dan wawancara. Pemilihan subjek penelitian ini melalui observasi pada kelas IX A MTs Al-Fathimiyah Karawang. Menganalisis kemampuan berpikir kritis disesuaikan  dengan indikator berpikir kritis dan dilakukan wawancara yang mendalam. Terdapat indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu (1) menetapkan konsep (2) menampilkan pendapat (3) memberikan kesimpulan (4) memanfaatkan seluruh informasi pada soal (5) menggambarkan permasalahan yang jelas (6) mengoreksi ketepatan seluruh jawaban. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan metakognitif dapat dilakukan untuk membantu peserta didik dalam berpikir kritis matematis dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-09

Cara Mengutip

Sari, H. P., & Rikayanti, R. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Pendekatan Metakognitif Siswa. Prosiding Sesiomadika, 5(3), 451–463. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10380

Terbitan

Bagian

Artikel