Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Pendekatan Metakognitif Siswa

Authors

  • Hamelia Puspita Sari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rikayanti Rikayanti Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir siswa ditinjau dalam konteks pendekatan metakognitif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan berupa soal uraian dan wawancara. Pemilihan subjek penelitian ini melalui observasi pada kelas IX A MTs Al-Fathimiyah Karawang. Menganalisis kemampuan berpikir kritis disesuaikan  dengan indikator berpikir kritis dan dilakukan wawancara yang mendalam. Terdapat indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu (1) menetapkan konsep (2) menampilkan pendapat (3) memberikan kesimpulan (4) memanfaatkan seluruh informasi pada soal (5) menggambarkan permasalahan yang jelas (6) mengoreksi ketepatan seluruh jawaban. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan metakognitif dapat dilakukan untuk membantu peserta didik dalam berpikir kritis matematis dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-09

How to Cite

Sari, H. P., & Rikayanti, R. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Pendekatan Metakognitif Siswa. Prosiding Sesiomadika, 5(3), 451–463. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10380