MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) PADASISWA SMP KELAS VII
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih baik antara CORE dengan model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode penelitian kuasi ekperimen dan desain penelitian adalah The nonequivalent pretest-postest control group design pada pokok bahasan bilangan bulat yang telah dilakukan di kelas VII D dan VII E. pengumpulan data kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan instrument penelitian. Hasil penelitian peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran CORE lebih tinggi dari pada peningkatan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari nilai uji perbedaan dua rata rata peningkatan kemampuan pemahaman kelas ekperimen dan kelas kontrol yaitu 0.00. kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas ekperimen lebih baik daripada peningkatan pemahaman konsep matematis kelas kontrol.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Referensi
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS). Jakarta
Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mutohar, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Negri 1 Pandanarum Pada Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan.Tesis Magisterpada FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto: tidak diterbitkan..
Oktavia, A. & Khotimah, R.P. (2016). ‘Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan persamaan differensial tingkat satu’, Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 99-108
##submission.downloads##
Diterbitkan
2021-06-26
Cara Mengutip
Zuliady, C., Fakhruddin, D., & Mulyati Mustika Sari, R. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) PADASISWA SMP KELAS VII. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2147
Terbitan
Bagian
Artikel