MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) PADASISWA SMP KELAS VII

Authors

  • Chandra Zuliady unsika
  • Dadang Fakhruddin
  • Rika Mulyati Mustika Sari unsika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih baik antara CORE dengan model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode penelitian kuasi ekperimen dan desain penelitian adalah The nonequivalent pretest-postest control group design pada pokok bahasan bilangan bulat yang telah dilakukan di kelas VII D dan VII E. pengumpulan data kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan instrument penelitian. Hasil penelitian peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran CORE lebih tinggi dari pada peningkatan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari nilai uji perbedaan dua rata rata peningkatan kemampuan pemahaman kelas ekperimen dan kelas kontrol yaitu 0.00. kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas ekperimen lebih baik daripada peningkatan pemahaman konsep matematis kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS). Jakarta

Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mutohar, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Negri 1 Pandanarum Pada Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan.Tesis Magisterpada FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto: tidak diterbitkan..

Oktavia, A. & Khotimah, R.P. (2016). ‘Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan persamaan differensial tingkat satu’, Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 99-108

Published

2021-06-26

How to Cite

Zuliady, C., Fakhruddin, D., & Mulyati Mustika Sari, R. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) PADASISWA SMP KELAS VII. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2147

Issue

Section

Artikel