Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berpikir Tingkat Tinggi

Penulis

  • Mita Nurlatifah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kemampuan berpikir aljabar adalah kemampuan siswa dalam berpikir dengan menggunakan simbol dan alat matematis. Kemampuan berpikir aljabar dapat dilihat pada saat siswa menyelesaikan soal matematika bentuk aljabar. Oleh karena itu, artikel ini dibuat untuk membahas tentang kemampuan berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan soal matematika berpikir tingkat tinggi pada jenjang sekolah menengah pertama kelas VIII. Kajian ini menggunakan metode analisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan dalam kajian ini adalah tiga siswa SMP Negeri 6 Karawang Barat Kelas VIII. Kemampuan berpikir aljabar dapat dianalisis dari cara siswa menggali informasi berdasarkan situasi, merepresentasikan informasi matematis serta menafsirkan dan menerapkan temuan matematik. Teknik pengumpulan data dalam kajian ini adalah observasi, tes tertulis berupa soal uraian dan wawancara sederhana. Hasil analisis yang telah dilakukan yaitu siswa belum mampu dalam menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi dalam bentuk aljabar karena kemampuan berpikir aljabarnya masih rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-08

Cara Mengutip

Nurlatifah, M., & Hakim, D. L. (2023). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7635

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>