Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kecemasan Matematis

Authors

  • Putri Ayu Anggaraini Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Dalam proses pemecahan masalah, rasa cemas yang timbul akan memperhambat dan mengganggu proses belajar matematika dan mungkin akan terjadi kesalahan-kesalahan yang akan dialami oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa SMP dalam pemecahan masalah matematis yang akan ditinjau dari kecemasan matematis. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melibatkan 3 siswa VII A SMP Negeri 1 Karawang Barat. Pengambilan sampel pada subjek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan teknik non tes berupa angket kecemasan dan wawancara langsung dengan siswa serta teknik tes berupa soal uraian dari konsep aljabar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terdapat tingkat kecemasan siswa yang berbeda-beda diantaranya siswa dengan tingkat kecemasan tinggi, sedang, rendah. Pada siswa tingkat kecemasan tinggi mengalami banyak kesalahan dalam memahami konsep matematis. Siswa tingkat kecemasan sedang hanya terdapat beberapa kesalahan dan sedikit memahami konsep matematika. Dan siswa dengan tingkat kecemasan yang rendah tidak melakukan kesalahan dan sesuai dengan indikator Polya. Simpulan dari hasil analisis data yang telah diperoleh adalah masing-masing siswa dengan kategori kecemasan yang berbeda akan mengalami kesalahan dalam pemecahan masalah yang berbeda pula.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-08

How to Cite

Anggaraini, P. A., & Sutirna. (2024). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kecemasan Matematis . Prosiding Sesiomadika, 5(4). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10322