Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal PISA Quantity Content
Abstract
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh PISA dari tahun 2000 sampai dengan 2018, terlihat bahwa kemampuan literasi matematis siswa Indonesia selalu menempati posisi 10 negara terendah. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas IX dalam menyelesaikan soal PISA pada konten kuantitas. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX di salah satu SMP di Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 37 siswa. Kemampuan literasi matematis dalam penelitian ini mengacu pada indikator proses literasi matematis, yaitu 1) Merumuskan situasi nyata secara matematis, 2) Menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika, 3) Menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika. Pengambilan data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes berupa tiga butir soal uraian yang diadopsi dari PISA pada konten kuantitas, wawancara tidak terstruktur, dan observasi. Pengambilan responden untuk wawancara dipilih berdasarkan keragaman hasil jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga butir soal yang diberikan mayoritas siswa belum mampu untuk memenuhi seluruh indikator kemampuan literasi matematis pada komponen proses.