Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Soal Cerita Materi PLSV
Abstract
Pemecahan masalah merupakan inti dari sebuah proses pembelajaran. Apabila siswa tidak memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis, siswa tersebut tidak dapat mencapai tujuan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada soal cerita di SMPN 3 Karawang Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII-A sebanyak 17 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes. Tes yang diberikan berupa tes tertulis sebanyak 5 butir soal cerita mengenai materi PLSV. Data dianalisis sesuai dengan indicator kemampuan pemecaha nmasalah menurut Polya, yaitu (1) memahami masalah, (2) menyusun rencana penyelesaian, (3) melaksanakan rencana penyelesaian, (4) memeriksa kembali. Berdasarkan penelitian diperoleh tingkatan kemampuan dalam pemecahan masalah matematis siswa, sebanyak 3 orang siswa termasuk kategori tinggi, kemudian sebanyak 11 orang termasuk kategori sedang, dan sebanyak 3 orang termasuk kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis sebagian siswa kelas VIII-A SMPN 3 Karawang Timur masih tergolong sedang.