KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS IX PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Authors

  • Amanda Berlian Desfi Estandi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ramlah Ramlah Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Widya Nusantara Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 22 siswa. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes uraian dan wawancara. Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian. Indikator yang digunakan yaitu : (1) Kemampuan mengekspresikan ide-ide matematis; (2) Kemampuan memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis; (3) Kemampuan dalam menggunakan istilah, notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes berdasarkan tingkat komunikasi matematis dari 22 siswa kelas IX, diperoleh 5 siswa dengan kategori tinggi memperoleh persentase 23%, 15 siswa dengan kategori sedang memperoleh persentase 68%, 2 siswa dengan kategori rendah memperoleh persentase 9% dan rata-rata nilai sebesar 34,55.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-09

How to Cite

Estandi, A. B. D., & Ramlah, R. . (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS IX PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Prosiding Sesiomadika, 5(3), 423–431. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10376

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>