Berpikir Nalar Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Penalaran Proporsional
Abstract
Penalaran matematis adalah menarik kesimpulan dari suatu informasi, mencakup pernyataan logis dari proposisi yang diberikan, serta mengkonstruksi dan menguji dugaan dari kasus tertentu untuk memperoleh kesimpulan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran proporsional siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal perbandingan senilai dan berbalik nilai. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan non-tes. Instrument tes berupa soal sebanyak 6 butir pertanyaan yang memuat 4 indikator, diantaranya: (1) Mengenali perbedaan antara aditif atau multiplikatif, (2) Menentukan penggunaan rasio yang tepat, (3) Menginterpretasikan angka rasional untuk membentuk rasio tetap, dan (4) Membangun struktur (unit). Sedangkan instrument non-tes berupa wawancara, yang digunakan untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H SMPN 5 Karawang Barat sebanyak 36 siswa kemudian diambil 3 siswa sebagai sampel. Teknik dalam menganalisis data menggunakan 4 cara, yaitu mengumpulkan data, mereduksi, penyajian, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan siswa yang rendah mampu memenuhi 2 indikator penalaran proposional.