Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran SPLDV Di Kelas VIII Berdasarkan Perbedaan Gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan perbedaan gender pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini melibatkan 42 siswa di SMP Negeri 2 Majalaya yang berada di kelas VIII. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes uraian dan wawancara untuk memastikan keabsahan data. Instrumen tes menggunakan 3 soal uraian yang mencakup empat indikator pemecahan masalah menurut teori Polya, yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa hasil. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari data yang terkumpul. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan siswa perempuan mengungguli siswa laki-laki dalam kemampuan pemecahan masalah matematika dengan rata-rata nilai siswa laki-laki adalah 21, sementara rata-rata nilai siswa perempuan adalah 31.