Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV

Authors

  • syiva restiani hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Attin Warmi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode penelitian yang digunakam adalah pendekatan kualitatif metode deskriptid dengan subjek sebnyak 46 siswa SMP Negeri Karawang Barat kelas VIII tahun ajaran 2023/2024. Adapun subjek wawancara dipilih 3 orang yang mewakili kategori tinggi, kategori sedang, dan kategori rendah. Data dikumpulkan melalui tes uraian dan wawancara. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes kesulitan belajar yang berbentuk uraian (essay) yang terdiri dari 3 butit soal pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan indikator teori menurut Cooney yaitu : (1) Kesulitan belajar konsep, (2) Kesulitan belajar prinsip, (3) kesulitan belajar verbal. Hasil penelitian menyatakan bahwa kategori kesulitan belajar matematika dengan kategori tinggi sebanyak 13,33%, kemudian kategori sedang sebanyak 68,89%, sedangkan untuk siswa yang memiliki kesulitan belajar rendah sebanyak 17,78%. Hal ini menandakan bahwa mayoritas siswa kelas VIII memiliki kemampuan kesulitan belajar sedang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-09

How to Cite

hidayat, syiva restiani, & Warmi, A. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV. Prosiding Sesiomadika, 5(3). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10401

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>