Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Bilangan Berpangkat Bulat Positif dan Negatif
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika saat menyelesaikan masalah yang melibatkan bilangan bulat positif dan negatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif sebagai pendekatannya. Populasi yang diteliti terdiri dari 34 siswa kelas IX-C di SMP NEGERI 2 KARAWANG TIMUR.Instrumen yang dipergunakan dalam studi ini adalah tes deskriptif yang terdiri dari lima soal, Ini berupaya untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada indikator 1. Menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari diperoleh 93,14% kategori tinggi; 2. Mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan untuk membentuk konsep tersebut diperoleh 64,71% kategori sedang; 3. Mengidentifikasi sifat-sifat operasi atau konsep diperoleh presentase 50% kategori rendah; 4. Menerapkan konsep secara logis diperoleh 50,98% kategori rendah; 5. Memberikan contoh atau contoh kontra dari konsep yang dipelajari diperoleh 46,08% kategori rendah. Jadi jumlah rata-rata presentase setiap indikator yaitu 60,98% masuk kedalam kategori sedang.