PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE BERBANTUAN LKS BERBASIS CERIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP melalui penggunaan model example non-example berbantuan LKS berbasis CERIA. Hal ini sejalan dengan adanya permasalahan mengenai kurangnya kemampuan dalam penelitian ini, yaitu kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa SMP kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telagasari Kabupaten Karawang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dipilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII C (kelas kontrol) yang menggunakan pembelajaran biasa, sedangkan kelas VII E (kelas eksperimen) yang diberikan pembelajaran dengan model example non-example berbantuan LKS berbasis CERIA yang kedua kelas tersebut berjumlah masing-masing 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah jenis tes uraian kemampuan pemahaman matematis. Kedua kelas tersebut di berikan tes awal (pretest), perlakuan (treatment) dan tes akhir (postest) dengan instrumen tersebut. Pengolahan data dilakukan menggunakan program IBM SPSS Statistic 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model example non-example berbantuan LKS berbasis CERIA lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Hal ini diartikan bahwa model example non-example berbantuan LKS berbasis CERIA efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswaSMP.
Kata kunci : Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Example Non-Example, LKS Berbasis CERIA (Creative, Active, Real, Innovative and Active).
Downloads
References
Echols, John M. (2005). An English-Indonesian Dictionary. Jakarta: PT. Gramedia.
Effendi, K.N.S. (2016). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Diktat. Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang: Tidak Diterbitkan.
Hasanah, Pathul. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Skripsi. Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang: Tidak Diterbitkan.
Huda, Miftahul. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istianah, Euis. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Elicting Activities (MEAs) pada Siswa SMA. Vol: 2. No: 1. Februari 2013. ISSN: DI WEB. [pdf]. Tersedia: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/23/22. Oktober2017.
Megani, Sentika. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Skripsi. Universitas Singaperbangsa: Tidak Diterbitkan.
Ramlah dan Hanifah. (2018). Menyeimbangkan Fungsi Otak Melalui Teknik Kreasi Lagu dalam Pencapaian Pemahaman Matematis Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). ISSN: 2548-8163.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Purwanto, Ngalim M. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.