IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED (KWL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA

Authors

  • BETA ANGGRAENI Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNSIKA
  • E MUHYIDIN Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP UNSIKA
  • ATTIN WARMI Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNSIKA

Abstract

Dengan adanya permasalahan dalam proses pembelajaran yang peneliti temukan dari hasil wawancara kepada guru salah satu sekolah tingkat SMA di Karawang, narasumber menyatakan bahwa permasalahan yang dialami siswa merujuk pada indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Dengan demikian peneliti membuat penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan pembelajaran dengan strategi Know, Want to Know, Learned (KWL) dengan siswa yang hanya menggunakan pembelajaran saintifik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Klari. Sampel yang diambil oleh peneliti dengan teknik acak kelas adalah 2 kelas, di mana kelas XI IPS 1 yang bertindak sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 bertindak sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah bentuk instrumen tes dan hasil analisis data tes diolah melalui IBM SPSS Statistics 23.0. Berdasarkan hasil analisis data,  didapatkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran KWL dengan siswa yang menggunakan pembelajaran saintifik. Dalam hasil data penelitian menunjukan  terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis yang terjadi pada siswa di kelas kontrol dan eksperimen, namun peningkatan yang terjadi  pada masing-masing masih tergolong sedang dan rendah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Tamimi, Abdul-Rehman. (2017). The Effect of Using Ausubel's Assimilation Theory and the Metacognitive Strategy (K.W.L) in Teaching Probabilities and Statistics Unit for First Grade Middle School Students’ Achievement and Mathematical Communication. European Scientific Journal January 2017 edition, 13(1), 276-303.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Diani, Rahma. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbanukan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-BiRuNi’, 5(1), 83-93.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. 19 September 2016. Pukul 13.33.Tersedia: online www.disdik.kemdikbud.go.id.

Eastern Illinois University. (n.d.) Strategies That Foster Critical Reading. 17 Oktober 2016. Pukul 19:35.Tersedia: online www.eiu.edu/learninggoals/pdfs/strategies-that-foster-critical-reading.

Facione, A. Peter. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. 17 Oktober 2016. Pukul 19:42.Tersedia: online https://blogs.city.ac.uk/cturkoglu/files/2015/03/Critical-Thinking-Articles-w6xywo.pdf.

Fisher, Alec. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga

Fitriana, D., Yusuf M. & Susanti, Ely. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Melihat Berpikir Kritis Sswa Materi Perbandingan. Jurnal Pendidikan Matematika. 10(2). 1-17.

Harsono, Amiliya S. R., Fuady, Amir & Saddhono, Kundharu. (2012). Strategi Pembelajaran Know Want to Learn (KWL) dan Minat Membaca terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa SMP Negeri Temanggung. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1(1), 53-64.

Hendriana, Heris & Soemarmo, Utari. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. 20 Agustus 2018. Pukul 15.44. Tersedia: online https://kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 20 Agustus 2018. Pukul 16:04. Tersedia: online https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf.

Kountur, Ronny. (2007). Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis Edisi Revisi. Jakarta: PPM.

Lestari, Karunia E. & Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lewis, H., Macgregor, Dana & Jones, Hilary M.. (n.d.). Critical Reading. 17 Oktober 2016. Pukul 20.10.Tersedia: online https://pdfs.semanticscholar.org.

Mar’atussholihah, Elna. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Efficacy Siswa Kelas X MAN 2 Karawang. Skripsi Universitas Singaperbangsa Karawang: Tidak diterbitkan.

Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ogle, Donna M. (2011). K-W-L: A Teaching Model That Develops Active Reading of Expository Text. The Reading Teacher, 39(6), 564-570.

Riduwan. (2003). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riswanto, Risnawati & Lismayanti, Detti. (2014). The Effect of Using KWL (Know, Want to Know, Learned) Strategy on EFL Students’ Reading Comprehension Achievement. International Journal of Humanities and Social Science, 4(7), 225-233.

Sudirman, M., Fatimah, S. & Jupri A.. (2017). Improving Problem Solving Skill and Self Regulated Learning of Senior High School Students through Scientific Approach using Quantum Learning Strategy. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 249-255.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Susetyo, Budi. (2012). Statistika untuk Analisis Data Penelitian.. Bandung: PT Refika Aditama.

Zhang Fengjuan. (2010). The Integration of the Know-Want-Learn (KWL) Strategy into English Language Teaching for Non-English Major. Chinese Journal of Applied Linguistics (Bimonthly), 33(4), 77-86.

Published

2021-06-26

How to Cite

ANGGRAENI, B., MUHYIDIN, E., & WARMI, A. (2021). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED (KWL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2124

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>